Apakah
yang dimaksud dengan pembelajaran aktiv atau active learning?
Pembelajaran
aktif secara umum didefinisikan sebagai metode pengajaran yang melibatkan siswa
dalam proses pembelajaran. Singkatnya, pembelajaran aktif menuntut siswa untuk
melakukan kegiatan belajar yang bermakna dan berpikir tentang apa yang mereka
lakukan. Sementara definisi ini dapat mencakup kegiatan tradisional seperti
pekerjaan rumah, dalam praktiknya, pembelajaran aktif mengacu pada kegiatan
yang diperkenalkan ke dalam kelas. Elemen inti dari pembelajaran aktif adalah
aktivitas siswa dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran aktif
sering dikontraskan dengan kelas tradisional di mana siswa secara pasif
menerima informasi dari guru.
aktif secara umum didefinisikan sebagai metode pengajaran yang melibatkan siswa
dalam proses pembelajaran. Singkatnya, pembelajaran aktif menuntut siswa untuk
melakukan kegiatan belajar yang bermakna dan berpikir tentang apa yang mereka
lakukan. Sementara definisi ini dapat mencakup kegiatan tradisional seperti
pekerjaan rumah, dalam praktiknya, pembelajaran aktif mengacu pada kegiatan
yang diperkenalkan ke dalam kelas. Elemen inti dari pembelajaran aktif adalah
aktivitas siswa dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran aktif
sering dikontraskan dengan kelas tradisional di mana siswa secara pasif
menerima informasi dari guru.
Dalam
pendekatan tradisional untuk pengajaran di sekolah, sebagian besar waktu kelas
dihabiskan dengan guru yang menjelaskan dan para siswa menonton dan
mendengarkan. Para siswa bekerja secara individu pada tugas, dan kerja sama
terbatas.
pendekatan tradisional untuk pengajaran di sekolah, sebagian besar waktu kelas
dihabiskan dengan guru yang menjelaskan dan para siswa menonton dan
mendengarkan. Para siswa bekerja secara individu pada tugas, dan kerja sama
terbatas.
Metode
pengajaran yang berpusat pada guru seperti itu telah berulang kali ditemukan
lebih rendah dari pada pengajaran yang melibatkan pembelajaran aktif, di mana
siswa memecahkan masalah, menjawab pertanyaan, merumuskan pertanyaan mereka
sendiri, berdiskusi, menjelaskan, berdebat, atau bertukar pikiran selama kelas.
pengajaran yang berpusat pada guru seperti itu telah berulang kali ditemukan
lebih rendah dari pada pengajaran yang melibatkan pembelajaran aktif, di mana
siswa memecahkan masalah, menjawab pertanyaan, merumuskan pertanyaan mereka
sendiri, berdiskusi, menjelaskan, berdebat, atau bertukar pikiran selama kelas.
Contoh-Contoh
Kegiatan Pembelajaran Aktiv atau Active Learning
Contoh kegiatan
“aktif” meliputi: diskusi kelas, diskusi kelompok kecil, debat,
mengajukan pertanyaan kepada kelas, kegiatan think-pair-share, latihan menulis
singkat dan polling kelas (Bonwell dan Eison, 1991).
“aktif” meliputi: diskusi kelas, diskusi kelompok kecil, debat,
mengajukan pertanyaan kepada kelas, kegiatan think-pair-share, latihan menulis
singkat dan polling kelas (Bonwell dan Eison, 1991).
Diskusi
kelas dapat diadakan secara langsung atau di lingkungan online. Yang terbaik
adalah diskusi ini dipusatkan pada topik terbuka (terkadang kontroversial)
(mis. Yang tidak memiliki jawaban benar atau salah).
kelas dapat diadakan secara langsung atau di lingkungan online. Yang terbaik
adalah diskusi ini dipusatkan pada topik terbuka (terkadang kontroversial)
(mis. Yang tidak memiliki jawaban benar atau salah).
Diskusi
kelompok kecil adalah kegiatan serupa antara individu, kelompok, atau tim
individu. Debat presiden adalah format debat umum. Tetapi ini juga mungkin
berpusat di sekitar topik kontroversial atau politik.
kelompok kecil adalah kegiatan serupa antara individu, kelompok, atau tim
individu. Debat presiden adalah format debat umum. Tetapi ini juga mungkin
berpusat di sekitar topik kontroversial atau politik.
Kegiatan
think-pair-share adalah ketika peserta didik mengambil waktu sebentar untuk
merenungkan pelajaran sebelumnya, kemudian membahasnya dengan satu atau lebih
dari teman sebayanya, akhirnya untuk membaginya dengan kelas sebagai bagian
dari diskusi formal.
think-pair-share adalah ketika peserta didik mengambil waktu sebentar untuk
merenungkan pelajaran sebelumnya, kemudian membahasnya dengan satu atau lebih
dari teman sebayanya, akhirnya untuk membaginya dengan kelas sebagai bagian
dari diskusi formal.
Latihan
tertulis singkat yang sering digunakan adalah “makalah satu menit.”
Dalam latihan ini siswa diminta untuk meringkas diskusi hari itu dalam sebuah
makalah singkat yang akan diserahkan sebelum akhir kelas. Ini adalah cara yang
baik untuk mengulas materi.
tertulis singkat yang sering digunakan adalah “makalah satu menit.”
Dalam latihan ini siswa diminta untuk meringkas diskusi hari itu dalam sebuah
makalah singkat yang akan diserahkan sebelum akhir kelas. Ini adalah cara yang
baik untuk mengulas materi.
Demikianlah
uraian singkat mengenai pengertian pembelajaran aktiv atau active learning.
Berani mencoba metode pembelajaran ini di kelas?
uraian singkat mengenai pengertian pembelajaran aktiv atau active learning.
Berani mencoba metode pembelajaran ini di kelas?