Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes Bagian I

Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes

Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan Rekreasi ( Penjaskesrek ) tahun 2019. Pada kesempatan kali ini admin mencoba berbagi soal dan jawaban UP UKMPPG dengan mapel Penjaskes atau PJOKR. Soal yang tulis ini merupakan kumpulan dari beberapa sumber soal yang biasa digunakan latihan oleh beberapa peserta PPG. Jadi sekali lagi bahwa soal di sini, admin tidak menjamin kebenarannya baik dari segi soal dan jawabannya. Hanya dapat dijadikan sebagai bahan literasi, jika terdapat soal yang kebetulan sama dengan soal UP teman-teman berarti itu rezeki dari Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes Tahun 2019 adalah sebagai berikut :

1. Teknik menghirup udara pada saat bernafas pada renang gaya bebas adalah
a. Pada saat kepala berada didalam air
b. Kepala diputar kesamping/menoleh kesamping
c. Pada saat tiap kepala diatas ar
d. Kepal diangkat kedepan/menoleh keatas

2. Seorang guru PJOK harus memahami konsep psikolog. Indikasi yang dapat dijadikan dasar guru dalam mengamati peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi adalah
a. Rajin membantu teman yang kesulitan
b. Mengenakan seragam olahrgayang sesuai
c. Aktif bergerak dan mengajukan pertanyaan
d. Datang dan pergi tepat waktu

3. Salah satu contoh tahap mencob/mengumpulkan data (informasi) pada pembelajaran bola kecil softball yaitu
a. Guru menugaskan peserta didik mencata hasil wawancara dengan nara sumber(pemain softball)
b. Guru menugaskan peserta didik membaca buku siswa dan mengamati video permainan softball kemudian dipraktekkan
c. Guru menggali pengetahuan awal yang dimiliki oleh peserta didik tentang pemahaman cara melempar dan menangkap
d. Guru menugaskan peserta didik mempresentasikan hasil wawancara dengan nara sumber (pemain sotball)

4. Pernyataan yang benar mengenai “perbedaan pendidikan jasmani dan pendidikan kesehatan” yaitu
a. Pendidikan jasmani tidak dapat mengembangkan kesehatan, sedangkan pendidikan kesehatan sebaliknya
b. Pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan aktivitas pengisian waktu luang dan keterampilan psikomotor saja, sedangkan pendidikan kesehatan membentuk individu secara menyeluruh
c. Pendidikan jasmani memiliki fokus pada materi kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan sedangkan pendidikan kesehatan pada materi kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan
d. Pendidikan jasmani menitik beratkan sistem penilaian ahkir sedangkan pendidikan kesehatan pada nilai pertambahan

5. Pada pembelajaran passing bawah bolavoli, siswa secara berkelompok diberi tugas oleh guru untuk merancang dan melaksanakan 2 bentuk formasi passing. Selanjutnya siswa secara bergilir melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan formasi yang telah dirancang. Pada pendekatan scientifik kegiatan tersebut termasuk tahap
a. Mengkomunikasikan
b. Menalar
c. Mengamati
d. Mencoba

6. Pada aktivitas beladir pencak silat, guru PJOK diharapkan mampu mengidentifikasi ruang lingkup materi yang diajarkan. Teknik mengidentifikasi lingkup materi pencak silat dilakukan agar pembelajaran
a. Terprogram, terkendali, terdeteksi
b. Terbatasi materi ajar, sistematis, luas kajian
c. Terencana, terkendali, kuncian dan berkembang materi
d. Terencana, terarah, terkoordinasi dan terkendali

7. Gerak manipulative bagi peserta didik dapat dipelajari dengan materi yang bercirikan
a. Gerakan menekuk, meluruskan, memutar dan mengayun
b. Gerakaan berpindah dari satu tempat ke tempat lain
c. Penggunaan objek lain di luar tubuh
d. Gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa penggunaan objek lain di luar tubuh

8. Tujuan pembelajaran di tentukan berdasarkan  indikator pencapaian kompetensi yagn diinginkan yang diiinginkan dengan minimal memuat rumusan
a. Audiens, perilaku yang diharapkan, degree dan derajat keberhasilan
b. Audiens, metode pembelajaran, kondisi dan derajat keberhasilan
c. Audiens, perilaku yang diharapkan, behavior dan derajat keberhasilan
d. Audiens, perilaku yang diharapkan, kondisi dan derajat keberhasilan

9. Materi teknik dasar permainan softball yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, satuan pendidikan sekolah menengah pertama pada saat
a. Wariasi dan kombinasi melempar, menangkap dan memukul bola
b. Variasi dan kombinasi melempar, menangkap dan sliding
c. Variasi dan kombinasi teknik dasar lanjutan
d. Variasi dan kombinasi melempar, menangkap bola, memukul dan sliding

10. Langkah-Langkah Pembelajaran Pada Pendekatan Scientifik Di Awali Dengan Kegiatan Pengamatan. Kegiatan Pengamatan Dapat Dilakukan Melalui Tayangan Video Dengan Menggunakan LCD Proyektor, Jika Di Sekolah Tidak Terdapat LCD Proyektor, Maka Yang Dilakukan Adalah Dengan
a. Menonton Dirumah
b. Meminjam Dari Sekolah Lain
c. Guru Memperagakan Di Depan Kelas
d. Dilakukan Dengan VCD

11. Dalam Rangka Menjamin Ketercapaian Kompetensi Maka Saeorang Guru Harus Melakukan Penilaian. Hal Ini Mendasar Yang Dijadikan Acuan Bagi Guru Dalam Menyusun Dan Menetapkan Instrumen Penilaian Adalah
a. Kemampuan Dan Keterampilan Peserta Didik
b. Indikator Pencapaian Kompetensi
c. Materi Ajar
d. Karakteristik Peserta Didik

12. Peserta Didik Saat Bertanding Antar Sekolah Performanya Tidak Sebaik Saat Latihan, Langkah Terbaik Apa Yang Dilakukan Seorang Guru PJOK
a. Hadiah
b. Pujian
c. Teguran
d. Piagam Penghargaan

13. Seorang Siswa Melakukakn Pukulan Servisi Tenis Yang Salah. Siswa Mengkoreksi Sendiri Gerakan Yang Telah Dilakukan Dengan Menetapkan Kesalahan Yang Telah Dilakukan. Selanjutnya Siswa Mengulangi Gerakan Tersebut Dengan Tidak Tidak Mengulangi Gerakan Salah Sebelumnya. Dalam Hal Ini Siswa Telah Menggunakan Umpan Baik
a. Ekstrinsik
b. Kolaborasi
c. Intrinstik
d. Esensial

14. Pada Materi Chest Pass Bola Basket, Guru Telah Membagi 5 Kelompok Siswa Dan Memberikan Tugas Dengan Variasi Berbeda. Setiap Kelompok Wajib Menyelesaikan Tugas Ketiga Variasi Dan Menyelesaikan Dengan Baik. Dalam Pendekatan Scientifik Terhadap Permasalahan Di Atas, Sebenarnya Siswa Tersebut Sudak Melakukan Pada Tahap
a. Mencoba
b. Menalar
c. Mengevaluasi
d. Mengkomunikasikan

15. Senam Sangat Berpotensi Dalam Mengembangankan Keterampilan teknik suatu cabang olahraga, dari pernyataan diatas dapat dipahami bahwa gerakan di dalam materi senam dapat merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, kecuali
a. Power dan daya ledak otot
b. Jujur dan disiplin
c. Empati dan rasa percaya diri
d. Kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh

16. Berdasarkan teori fists dan possner, guruPJOK hrus memahami tahap kedua pada pembelajaran gerak yang ditandai dengan kemampuan yang semakin baik, yaitu
a. Discriminative stage
b. Cognitive stage (Tahap I)
c. Associative stage (tahap II)
d. Autonomous stage (tahap III)

17. Guru PJOK harus memahami bahwa belajar gerak lokomotor bagi peserta didik dapat menggunakan materi gerak dengan ciri
a. Gerak menekuk, meluruskan, memutar dan mengayun (non lokomotor)
b. Penggunaan objek lain diluar tubuh (manipulatif)
c. Stabilitas dari posisi tubuh (non lokomotor)
d. Gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lain

18. Berikut ini salah satu rumusan standar kompetensi “mempraktekkan teknik dasar permainan bola kedil dengan menekankan gerak dasar fundamental”, manakah rumusan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai
a. Setelah memperlajari materi ini anda dapat menjelaskan dan mengidentifikasi lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
b. Setelah mempelajari materi ini anda dapat memahami dan menjelaskan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
c. Setelah mempelajari materi ini anda dapat mempraktekkan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
d. Setelah mempelajari materi ini, anda dapat mengevaluasi gerak lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda secara benar

19. Salah satu prinsip penyusunan RPP adalah berpusat pada peserta didik. Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong, kecuali
a. Kreative
b. Motivasi
c. Pengetahuan
d. Kemandirian

20. Langkah yang harus dilakukan seiring guru PJOK saat melakukan PTK, ketika pada siklus I tidak tercapai, kecuali
a. Identifikasi kebutuhan sumber daya penelitian
b. Pengamatan
c. Membuat instrumen baru
d. Melanjutkan siklus selanjutnya

21. Sebenarnya banyak permasalahan yang terjadi di sekolah, namun belum semuanya dapat diteliti guru PJOK. Berikut ini masalah penelitian yand dapat direkomendasiuntuk penelitian tindakan kelas (PTK) oleh guru PJOK, kecuali
a. Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajarnya
b. Belum pahamnya peserta didik terhadap materi yang disampaikan
c. Kondisi ekonomi peserta didik yang kurang memadai
d. Suasana kelas kurang terkendali

22. Kesanggupan dan kemampuan tubuh dalam melakukan adaptasi terhadap pembebanan fisik tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan merupakan makna dari
a. Kekuatan tubuh
b. Kesehatan tubuh
c. Kesegaran jasmani
d. Ketahanan fisik

23. Berikut peryataan salah tentang metode latihan sirkuit (cirkuit training)
a. Sirkuit (sirkuit training)dilakukan dengan memberikan waktu jeda antar pos latihan
b. Sirkuit (sirkuit training) dapat digunakan untuk latihan kekuatan
c. Sirkuit (sirkuit training) hanya untuk melatih daya tahan
d. Sirkuit (sirkuit training) dapat digunakan untuk melatih mobilitas, kekuatan dan daya tahan

24. Manakah dari beberapa sumber belajar ini yang paling rendah tingkat kebenarannya
a. Penelitian tindakan kelas
b. Jurnal ilmiah
c. Makalah
d. blogger

25. ketika guru akan memberikan materi ajar PJOK meka manakah pilihan berikut yang merupakan implementasi dari pembelajaran penjas
a. materi melempar dapat dilakukan dengan beberapa teknik, lemparan bola, lempar sasaran, dan beberapa lempar lainnya.
b. Mataeri lompat jauh dilakukan dalam upaya mendapatkan hasil lompatan sejauh-jauhnya dengan daya jongkok
c. Materi lempar dilakukan menghasilkan lemparan bola kasti sejauh-jauhnya
d. Materi lari dilakukan dengan lomba lari jarak pendek dengan orientasi paling cepat yang terbaik

26. Fase perkembangan gerak menurut berbagai ahli berbeda-beda. Manakah tahapan perkembangan gerak menurut gallahue
a. Gerak refleksi, gerak kasar, gerak funfamental, gerak spesialis
b. Gerak kasar, gerak refleksi, gerak funfamental, gerak spesialis
c. Gerak fundamental, gerak refleksi, gerak kasar, gerak spesialis
d. Gerak fundamental, gerak kasar, gerak refleksi

27. Pada meteri lari sprint 100 m, setelah start pelari akanmenambanh gaya kecepatan agar menghasilkan kecepatan maksimal. Proses memperoleh kecepatan maksimla diebut percepatan. Aktivitas ini merupakan pencapaian hukum
a. Newton I
b. Newton III
c. Semua salah
d. Newton II

28. Pernyataan manakan diantara berikut ini yang tidak termasuk sebagai potensi TIK dalam pembelajaran
a. Meningkatkan kwalitas pembelajaran
b. Mengembangkan keterampilan komunikasi
c. Membatasi kesempatan atau peluang untuk dapat belajar
d. Mendorong siswa belajar lebih mandiri

29. Pelaksanaan pembelajaran sangat tergantung oleh guru agar penampilan yang cermat. Guru menyiapkan semua aspek pengajaran dan ia sepenuhnya bertanggung jawab dan berinesiatif terhadap pengajaran dan memantau kemajuan besar dari perkembangan peserta didiknya. Pendekatan pembelajaran tersebut merupakan gaya mengajar.
a. Respirokal
b. Komando
c. Periksa diri
d. Latihan

30. Ketika guru PJOK ingin memplubikasikan karya ilmiah dalam bentuk seminar dengan menggunakan LCD proyektor. Terjadi kerusakan pada kabel konektor LCD. Maka cara lain yang dapat dilakukan guru PJOK, kecuali
a. Menggunakan jaringan wifi
b. Memanfaatkan komputer lain
c. Memanfaatkan HDMI
d. Menggunakan e-mail

31. Seorang guru PJOK harus memahami teori belajar. Salah satu manfaat teori belajar bagi guru PJOK adalah
a. Dengan teori belajar guru PJOK dapat menegur peserta didik yang ribut
b. Dengan teori belajar guru PJOK dapat melakukan prediksi yang akurat tentang hasil belajar
c. Dengan teori belajar guru PJOK berkesempatan untuk melakukan diskusi
d. Dengan teori belajar guru PJOK mampu bertindak tegas

32. Guru PJOK memberikan 4 pilihan pada aktivitas pembelajaran materi permainan sepak bola dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Kemudian setiap siswa berhak memilih jenis aktivitas yang telah dipersiapkan guru sebelumnya. Hal di atas merupakan ciri pembelajaran dengan gaya mengajar
a. Inquiri
b. Respirokal
c. Komando
d. Penemuan terbimbing

33. Ciri gerak push up adalah mendorong sedangkan pull up adalah menarik. Perbedaan gerak push up dan pull up sangatlah nyata sehingga terjadi pada peran otot yang bekerja. Kelompok otot dominan yang berperan pada gerak push up
a. Deltoid (bahu) (membantu pectoralis major)
b. Lattisimus dorsi
c. Trapezius
d. Pectoralis major (dada)

34. PJOK harus memahami ilmu anatomi dan fisiologi, yang bukan fungs idari rangka manusia, yaitu
a. Rangka melindungi bagian tubuh yang penting
b. Pada beberapa bagian merupakan tempat untuk pembentukan sel darah
c. Memberi bentuk tubuh dan menegakkan tubuh
d. Alat gerak normatif

35. Gerak dasar merupakan pola gerak inhern yang mementuk dasar-dasar untuk keterampilan gerak secara kompleks, kecuali
a. Gerak manipulatif
b. Gerak lokomotor
c. Gerak nonlokomotor
d. Gerak kombinasi

36. Dalam pembelajaran PJOK di sekolah hendaknya lebih menekankan pada kemampuan gerak dasar anak, adapun kemampuan gerak dasar yang dimaksud adalah
a. Lokomotor, non lokomotor (pola gerak dasar)
b. Jalan ,lari, lompat dan lempar (gerak dasar)
c. Lempar-tangka, jalan lari, lompat loncat
d. Kognitif, asosiatif dan otomatis

37. Seorang peserta didik mengalami kesulitan saat mengikuti proses pembelajaran keterampilan shooting bola basket, lantas teman-temannya selalu mengolok-ngolok sehingga terjadi pertengkaran. Tindakan apa yang tepat dilakukan seorang guru PJOK terkait masalah tersebut, kecuali
a. Melakukan perlakuan khusus kepada semua peserta didik
b. Melakukan perlakuan khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar
c. Memberikan teguran dan menyampaikan laporan kepada guru BP bagi siswa yang selalu mengejek
d. Pemberian teguran dan hukuman bagi siswa yang mengejek

38. Aktivitas mendorong dan menarik benda yang diam, menekuk serta memutar termasuk pada gerak dasar
a. Kombinasi
b. Lokomotor
c. Manipulatif
d. Non lokomotor

39. Berikut merupakan hal-hal yang dijadikan dasar prinsip pada penilaian guru (PKG) PJOK, kecuali
a. Kompetensi , konsisten dan kinerja. (kompetensi tidak masuk dlm prinsip PKG)
b. Bermanfaat, transparan, berorientasi pada tujuan
c. Berorientasi pada proses, berkelanjutan, rahasia
d. Objektif, adil dan akuntabel

40. Mempraktekkan teknik dasar menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang dalam permainan sepak bola, merupakan ruang lingkup kompetensi dasarnya pada
a. Permainan kompetensi
b. Perminan dan olahraga
c. Permainan bola kecil
d. Permainan bola besar

41. Terjadinya cidera saat aktivitas gerak pada peserta didik, hendaklah guru PJOK memperhatikan ciri-ciri terjadinya cidera antara lain rubor, tumor, calor, dolor dan function laesa. Ciri-ciri yang muncul pada cidera calor ditandai dengan
a. Terjadinya peningkatan suhu pada area (bagian tubuh) yang terjadi cidera (CALOR)
b. Terjadinya pembengkakkan pada area (bgian tubuh) yang cidera (TUMOR)
c. Terjadinya rasa sakit yang berlebihan pada area (bagian tubuh)yang terjadi cidera (DOLOR)
d. Terjadinya perubahan warna(memerah) pada area (bagian tubuh) yang cidera (RUBOR)

42. Salah satu prinsip penyusunan RPP adalah proses pembelajaran mempertimbangkan lingkungan sekitar dijadikan sebagai sumber ajar. Makna yang terkandung pada prinsip mempertimbangkan lingkungan sekitar merupakan pembelajaran
a. Berbasis konteks (lingkungan sbg sumber belajar)
b. Berbasis lingkungan
c. Berbasis konsep
d. Berbasis kekinian (mengikuti perkembangan ilmu)

43. Dalam mengkomodir perbedaan potensi psikmotorik peserta didik, seorang guru PJOK harus memilik strategi pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa. Strategi apa yang dilakukan guru untuk mengajarkan keterampiln gerak
a. Memilih satu orang pesrta didik menjadi model
b. Menunjuk teman sebaya sebagai tutor
c. Mengelompokkan peserta didik sesuai kemampuan psikomotoriknya
d. Memodifikasi permainan sesuai pertumbuhan dan perkembangan anak

44. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional  “usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia sertta keterampilan yang diperlakukan dirinya, masyarakat, berbangsa dan negara” terdapat pada pasal
a. Pasal 2 angka 1 (dasar diknas UUD dan Pancasila)
b. Pasal 3 angka 1 (fungsi diknas)
c. Pasal 1 angka 1 (pengertian diknas)
d. Pasal angka 1

45. Teknik merumuskan tujuan pembelajaran minimal menganadung unsur audience, behavior, condition, degree (ABCD) contoh bunyi rumusan tujuan pembelajaran “melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan rangkaian teknik lempar cakram gaya menyamping dengan benar “manakan pilihan rumusan tujuan pembelajaran dibawah ini yang sesuai dengan pernyataan rumusan tujuan pembelajaran diatas
a. Audience, condition, behavior, degree
b. Condition, behavior , audience, degree
c. Condition, audience, behavior, degree
d. Behavior, audience, condition, degree

46. Salah satu prinsip pengembangan kurikulum adalah efisiensi. Manakah pernyataan dibawah ini yang menunjukkan pengembangkan kurikulum dengan prinsip relevansi
a. Kurikulum dikembangkan berdasarkan mengoptimalkan waktu dan biaya (EFISIENSI)
b. Kurikulum ditelaah berdasarkan tujuan, bahan strategi, tuntutan ilmu pengetahuan dan kebutuhan perkembangan masyarakat (RELEVANSI)
c. Kurikulum dikembangkan hanya untuk mencapai tujuan dengan mempertimbangkan kualitas dan kuantitas (EFEKTIVITAS)
d. Kurikulum harus menyesuaikan dengan kodisi dan waktu yang selalu berkembang (FLEKSIBILITAS)

47. Guru PJOK, paham akan pengertian pendidikan olahraga secara sederhana, yaitu
a. Pendidikan untuk menguasai nilai-nilai dalam aktivitas olahraga
b. Pendidikan untuk memperkenalkan siswa melalui penggunaan kesadaran tubuh
c. Pendidikan melalui dan tentang aktivitas olahraga
d. Pendidikan untuk menguasai aktivitas olahraga

48. Pemanfaatan TIK, ketika peserta didik tidak hadir dalam proses pembelajaran, maka materi pembelajaran tersebut dapat disampaikan melalui
a. Video
b. Email
c. Telepon
d. teman

49. Siswa secara langsung dapat melakukakn gerak lompat jauh dengan benar tanpa melalui proses berfikir panjang. Kondisi ini merupakan produksi dari tahapan gerak sebelumnya. Kondisi uni merupakan tahapan gerak
a. kognitif
b. otomatisasi
c. asosiatof
d. akuisisi

50. Guru PJOK harus dapat memperimbangkan penggunaan modifikasi permainan, dengan alasan, kecuali
a. berolahraga dengan peralatan dan peraturan yang dimodifikasi akan mengurangi cedera psesrta didik
b. pembelajaran yang dimodifikasi akan mampu mengembangkan keterampilam peserta didik lebih cepat dibandingkan dengan peralatan standar
c. pembelajaran dimodifikasi tidak menumbuhkan kegembiraan dan kesenangan peserta didik dalam situasi kompetitif
d. peserta didik belum memiliki kematangan fisik dan emosional seperti orang dewasa

51. Secara anatomis, tubuh dapat bergerak berbagai arah. Arah gerakan tubuh yang dapat dilakukan manusia secara anatomi, kecuali
a. Poduksi
b. Frontal (membagi tubuh depan & belakang)
c. Sagital (membagi tubuh kiri & kanan)
d. Transversal (membagi tubuh atas & bawah)

52. Guru PJOK harus memahami ruang lingkup kinesiologi, yan membicarakan tentang keadaan keseimbangan tubuh pada aktivitas gerak yaitu
a. Ginetika
b. Kinematika
c. Estetika
d. Statika

53. Pada peoses belajar mengajar PJOK, guru memberikan tugas kepada siswa untuk memecahkan dan memberikan solusi terhadap sulitnya siswa menguasai gerakan pasing bola basket. Bentuk penguasaan ini merupakan proses pembelajaran yang mengembangkan aspek koognitif anak pada tahap
a. Operasional konkrit
b. Sensor motorik
c. Pra operasional
d. Operasional formal

54. Kompetensi dasar “menampillkan gerak bebas berirama di orientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian secara individu” nilai estetika dari kompetensi dasar. sikap peserta didik yang ini dikembangkan dapat dicapai melalui
a. Apresisasi terhadap estetika gerak
b. Apresiasi terhadap bunyi-bunyian yang didengar
c. Bergerak sebagaimana irama yang didengar
d. Sportid dan kerjasama

55. Dinilai dari klasifikasi gerak berdasarkan stabilitas lingkungan, gerak guling depan termasuk pada
a. Keterampilan gerak kontiniu.
b. Keterampilan tertutup.
c. Keterampilan deskrit
d. Keterampilan terbuka.

56. Beberapa pandangan filsafat pragmatisme terhadap pendidikan jasmani yang baru dipahami guru PJOK, kecuali
a. Program penjas ditentukan oleh kebutuhan dan minat siswa, guru sebagai motivasi
b. Aktivitas penjas bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial
c. Aktivitas penjas bertujuan tidak untuk meningkatkan kemampuan sosial
d. Meningkatkan aktivitas individu organik, perseptual, emosional, neuromuscular

57. Salah Satu Prinsip Penyusunan RPP Adalah Berpusat Ada Peserta Didik. Proses Pembelajaran Dirancang Berpusat Pada Peserta Didik Untuk Mendorong, Kecuali
a. Motivasi
b. Kemandirian
c. Pengetahuan
d. Kreativitas

58. Mengelola kelas dalam pembelajaran, ada diawalli dengan tahapan sebelum pembelajran, adalah aktivitas persiapan sebelum pengajaran dimulai, kecuali
a. Menilai kemampuan siswa
b. Memahami materi pembelajaran
c. Memobilisasi sumber daya pembelajaran
d. Menyusun RPP

59. Pada proses belajar mengajar, guru menyusun aktivitas pembelajaran melalui sistem sirkuit yang terdiri dari 4 pos, dengan tujuan pembelajaran adalah kekuatan. Materi ini adalah fungsi penjas pada aspek
a. Perseptual (keterampilan penalaran)
b. Organik (perkembangan struktur & fungsi tubuh)
c. Sosial emosional (mental, kepribadian, komunikasi)
d. Perencaan

60. Ada peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung sering mengganngu temannya yang lain, bahkan dalam bentuk kejahatan. Tindakan penanganan guru PJOK atas masalah yang bersifat persprektif, kecuali
a. Penggalakkan kegiatan ibadah
b. Seleksi terhadap budaya asing
c. Memberi nasehat dan hukum agar tidak mengulangi
d. Memfasilitasi kegiatan pengembangan bakat dan minat

61. Contoh bunyi KI 2 adalah memiliki prilaku jujur, disiplin, tanggung jawan, santun, peduli dan percaya diri dalam berinterakdi dengan keluarga, teman dan guru. Manakah rumusan KD yan gpaling tepat sesuai dengan KI 2 diatas
a. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah tuhan yang tak ternilai
b. Mengetahui bagian –bagian tubuh menusia dan kegunaanya
c. Menunjukkan prilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
d. Mempraktekkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana

62. Pernyataan berikut yang bukan merupakan ciri belajar gerak yang dikemukan oleh schmidt………..
A. Perubahan yang terjadi relative permanen
B. Perubahan hasil dari proses belajar tidak bisa langsung diamati
C. Perubahan yang terjadi relative permanen
D. Belajar memuat pemberian latihan dan pengalaman.

63. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk  berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yg beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yg demokratis serta bertanggung jawab terdapat pada…..
A. UU NO. 20 Tahun 2003 tentang SPN  PASAL 2(ketentuanya)
B. UU NO. 20 Tahun 2003 tentang SPN  PASAL 3
C. UU NO. 20 Tahun 2003 tentang SPN  PASAL 1(unsur-unsurnya)
D. UU NO. 20 Tahun 2003 tentang SPN  PASAL 4(fungsi)

64. Guru PJOK memahami aktivitas gerak peserta didik saat berlangsungnya proses pembelajaran contoh gerak anatomis, kecuali…
A. Gerak pada bidang sinergis(SECARA FISIOLOGIS)
B. Gerak pada bidang transversal(MEMBAGI BAGIAN TUBUH MENJADI ATAS DAN BAWAH)
C. Gerak pada bidang sagital(MEMBAGI BAGIAN TUBUH MENJADI KANAN DAN KIRI)
D. Gerak pada bidang frontal(MEMBAGI BAGIAN TUBUH MENJADI DEPAN DAN BELAKANG)

65. Pada proses pembelajaran siswa ditugaskan guru untuk merangkai gerak senam irama dan dapat meragakan secara berpasangan. Rangkaian gerak senam irama termasuk  pada pola gerak :
A. Lokomotor
B. Non lokomotor
C. Lokomotor dan Stabilisasi(Non Lokomotor)
D. Manipultif.

66. Pada lari cepat 100 terjadi perubahan kecepatan dan start. Perubahan kecepatan tersebut dikarenakan adanya gaya dorong sekelompok otot. Kondisi tersebut merupakan bagian dari………
A. Dampak dinamika
B. Pengaruh dinamika
C. Asas-asas dinamika
D. Fungsi dinamika

67. Guru perlu menentukan penerapan model ajar yang tepat bagi kebutuhan peserta didik, disamping guru harus mengidentifikasi kebutuhan dan potensi gerak peserta didik, guru juga harus memilih model yang paling tepat sesuai kebutuhan peserta didik, maka hal yang harus diperhatikan guru dalam memilih model pembelajaran PJOK adalah…
A. Pengalaman gerak, usia, sarana dan prasarana, materi ajar karakteristik peserta didik
B. usia, sarana dan prasarana, materi ajar karakteristik peserta didik
C. Budaya peseta didik, sarana dan prasarana, materi ajar karakteristik peserta didik
D. Budaya peserta didik, tinggi badan, usia sarana dan prasarana, materi ajar, karakteristik peserta didik.

68. Berikut ini merupakan empat beberapa bentuk latihan kekuatan yang dapat dilakukan pada proses belajar PJOK manakah pilihan dibawah ini yang merupakan latihan kekuatan.
A. Weight training, shutlle Run, pliometrik, pnf
B. Weight training, sirkuit training, interval runing dan partlek
C. Weight training sirkuit training sistem set, sistem piramide
D. Sirkuit training, interval training,kontinues running

69. Pada renang gaya dada gerakan tubuh terdorong ke depan,merupakan dampak dari
A. Gerakan kedua tangan pada saat mengayuh kebelakang
B. Gerakan mendesak kaki kebawah
C. Gerakan tendangan kaki kebelakang
D. Gerakan tangan dan kaki secara bersamaan kebelakang

70. Beberapa remaja berusaha untuk tampil sama degan legenda olahrgawan yang dikagumi, dalam proses interaksi sosial tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor
A. Popularitas
B. Simpati
C. Identifikasi (ingin seperti)
D. Sugesti (sekedar mengagumi)

71. Terjadinya cidera olahraga saat aktifitas gerak pada peserta didik hendaknya guru PJOK memperhatikan cici-ciri terjadinya cidera antara lain rubor, calor, dolor, tumor ditandai dengan
a. Terjadinya perubahan warna memerah pada area bagian tubuh yang terjadi cidera (RUBOR)
b. Terjadinya rasa sakit pada area bagian tubuh yang terjadi cidera (DOLOR)
c. Terjadinya peningakatan suhu pada area bagian tubuh yang terjadi cidera (CALOR)
d. Terjadinya pembengkakkan pada area atau bagian tubuh yang terjadi cidera (TUMOR)

72. Dalam penyusunan RPP ada beberap prinsip yang dapat diperhatikan sebagai  dasar, kecuali
a. Berpusat pada proses pembelajaran
b. Mengembangakan kemandirian belajar
c. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
d. Satu RPP dapat di laksanakan dalam 1 kali pertemuan atau lebih

73. Simbol olimpiade digambarkan dengan lima cincin, manakah urutan warnanya
a. Merah, hijau, kuning hitam dan merah
b. Biru, hitam, kuning,hijau merah
c. Kuning biru, hitam, hijau, dan merah
d. BiRU, kuNING, hiTAM, hiJAU dan meRAH

74. Kegiatan yang pertama harus dilakukakn guru PJOK sebelum melaksanakan keputusan dan aktifitas pembelajaran sepak bola pada imdikator
a. Lamanya waktu pembelajaran
b. Daya mengajar
c. Tujuan sasaran pembelajaran, pokok bahasan
d. Pokok bahasan pelajaran

75. Guru PJOK akan pengertian pendidikan olahraga secara sederhana yaitu
a. Pendidikan untuk menguasai aktivitas olahraga
b. Pendidikan melalui dan tentang aktivitas olahraga
c. Pendidikan untuk memperkenalkan siswa melalui penggunaaan kesadaran tubuh
d. Pendidikan untuk menguasai nilai nilai dalam aktivitas olahraga

76. Guru PJOK memahami konsep pembelajaran gerak atau motor learning, berdasarkan titik awal dan akhi dibagi menjadi gerak diskrip serial kontiniu.contoh gerak serial adalah
a. Guling depan satu kali
b. Guling depan beberapa kali pada aktivitas senam
c. Jamping jack pada aktivitas ritmik
d. Guling depan dikombinasikan dengan headspring

77. Dalam pelaksanaaan proses pembelajaran seorang guru PJOK memberikan hukuman kepada siswa yang salah dalam melakukan praktek lompat tinggi gaya menyamping, dalam hal ini sebenarnya guru PJOK telah memberikan umpan balik pada kategori
a. Ekstensik
b. Instrinsik
c. Motivasional
d. Informasional

78. Dalam proses penilaian pelaksanaan tugas, tambahan informasi dapat diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan stepholder. sebagai bukti yang bukan teramati guru PJOK dapat mempersiapkan
a. Kodisi sarana atau prasanan, dan lingkungan sekolah
b. Kompetensi koognitif, efektif dan psikomotor
c. Dokumen-dokumen tertulis produk-produk peserta didik
d. Foto, gmabar, slide, fideo

79. Guru PJOK akan mengajarkan konsep gerak yang benar pada siswa, kebenaran gerak disimpulkan oleh sisiwa secara mandiri. Proses pembelajaran guru menugaskan siswa untuk mellekukan pendidikan guna menemukan berbagai fakta sebagai kesimpulan gerak. Model apakah itu
a. Projek bestlearning
b. Problem bestlearning
c. Inquery bestlearning
d. Discovery bestlearning

80. Peserta didik saat bertanding antar sekolah performanya tidak sebaik saat latihan, langkah terbaik apa yang dilakukan seorang guru PJOK
a. Hadiah
b. Pujian
c. Teguran
d. Piagam penghargaan

81. Berdasarkan teori fits dan possner, guru PJOK harus memahami tahap kedua pada pembelajaran gerak yang ditandai dengan kemampuan yang semakin baik, yaitu
a. Diskriminatif stage
b. Koognitif stage (TAHAP I)
c. Asosiatif stage (TAHAP II)
d. Atonumous stage (TAHAP III)

82. Guru PJOK harus memahami penekanan program pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan disekolah dasar sebagai pengembangan pola gerak dasar. Pola gerak dasar pada PJOK terdapat pada
a. Pola gerak dasar anak didasari oleh tahap-tahap perkembangan gerak reflektif dan integrasi sensori yang telh berkembang pada usia sebelumnya
b. Pola-pola gerak inheren yang didasarkan pada gerak-gerak reflek anak, yang timbul bukan hanya latihan, tetapi dapat diperhalus dan diperbaiki melalui latihan
c. Pola-pola gerak kasar dan dihalus yang disasarkan pada gerak –gerak automatisasi yang timbul dari latihan terus menerus
d. Pola-pola gerak  yang efisien dan efektif yang timbul dari latihan yang terus menerus

83. Senam sangat berpotensi dalam mengembangkan keterampilan gerak dasar segai landasan penting penguasaan keterampilan teknik, dari pernyataan diatas dapat dipahami bahwa gerakan dalam materi senam dapat merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani,kecuali
a. Power dan daya ledak otot
b. Jujur dan disiplin
c. Empati dan percaya diri
d. Kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubbuh

84. Setelah proses pembelajaran berlangsung,guru pjok perlu melakukan tindak lanjut hasil belajar siswa pada pembelajaran PJOK wujud dari tindak lanjut hasil belajar tersebut adalah
a. Merancang perencanaan, pelaksanaan,evaluasi dan perbaikan pembeajaran.
b. Memberikan reward dan punishment
c. Mengidentifikasikan kelebihan dan kelemahan hasil belajar
d. Merrancang program pembelajaran remedy

85. Pada materi lari sprint 100 m setelah start pelari akan menambah daya kecepatan agar mengailkan kecepatan maksimal disebut percepatan. Ini merupakan hukum
a. Hukum newton 1
b. Hukum newton II
c. Semua salah
d. Hukum newton 3

86. Tahap mencoba atau mengumpulkan data atau informasi pada pembelajaran bola kecil softball yaitu
a. Guru menugaskan peserta didik mencatat hasil wawancara dengan narasumber
b. Guru menugaskan peserta didik membaca buku dan mengamati permainan softball kemudian di praktikkan
c. Guru menggali pengetahuan awal yg dimiliki oleh peserta didik trntang pemahaman lempar tangkap softball
d. Guru menugaskan peserta didik persentase hasil wawancara

87. Fase perkembangan gerak menurut berbagai ahli berbeda-beda, manakah tahapan gerak menurut gallahue
a. Refleksi, kasar, fundamental, spesialis
b. Kasar, refleki, fundamental, spesialis
c. Fundamental, refleksif, kasar, spesialis
d. Fundamental, kasar, spesialis, repleksif

88. Guru PJOK harus memahami bahwa belajar gerak lokomotor sebagai peserta didik dapat menggunakan materi gerak dengan cirri-ciri
a. Gerak menekuk, meluruskan, memutar dan mengayun
b. Penggunakaan objek lain diluar tubuh
c. Stabilitas dari posisi tubuh
d. Gerakan berpindah dari satu tempat ke tempat lain

89. Berikut salah satu rumusan standar kompetensi mempraktekkan teknik dasar permainan bola kecil dengan menekankan gerak dasar fundamental, manakah rumusan indicator pencapaian kompetensi yang sesuai
a. Setelah mempelajari meteri ini anda dapat menjelaskan dan mengidentifikasi lempar tangkap bola dengan 4 fariasi berbeda dengan benar
b. Setelah mempelajari materi ini anda dapat memahami dan emnjelaskan lempar tangkap bola dengan 4 fariasi yang berbeda dengan benar
c. Setelah mempelajari teknik ini anda dapat mempraktekkan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
d. Setelah mempelajari materi ini anda dapat mengevaluasi gerak lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda secara benar.

90. Guru pjok harus memahami ilmu anatomi dan fisiologi,yang bukan fungsi dari rangka manusia adlah
a. Rangka Melindungi Bagian Tubuh yang penting
b. Pada beberapa bagian merupakan tempat untuk pembentukan sel darah
c. Member bentuk tubuh dan menegakan tubuh
d. Alat gerak normative

Jawaban Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes Tahun 2019 Bagian I

No
Kunci
No
Kunci
No
Kunci
No
Kunci
No
Kunci
1
b
11
b
21
c
31
41
a
2
c
12
c
22
c
32
a
42
a
3
b
13
c
23
c
33
d
43
d
4
c
14
b
24
d
34
d
44
c
5
15
c
25
a
35
d
45
a
6
d
16
c
26
a
36
b
46
b
7
c
17
d
27
d
37
47
d
8
d
18
c
28
c
38
d
48
a
9
d
19
c
29
b
39
a
49
b
10
c
20
30
b
40
d
50
c

No
Kunci
No
Kunci
No
Kunci
No
Kunci
51
c
61
c
71
d
81
c
52
a
62
b
72
a
82
b
53
d
63
b
73
d
83
c
54
d
64
a
74
c
84
c
55
b
65
c
75
a
85
b
56
c
66
a
76
b
86
b
57
c
67
a
77
c
87
a
58
a
68
c
78
c
88
d
59
b
69
c
79
c
89
c
60
d
70
c
80
c
90
d

Demikianlah  Prediksi Soal UP UKMPPG Mata Pelajaran Penjaskes Bagian I. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. 

Untuk File lengkapnya bisa di Unduh pada Link berikut ini : Klik Di Sini

Leave a Comment