admin mencoba untuk berbagi soal dan jawaban Pretest PPG untuk Mapel Bahasa
Indonesia atau Soal UTN PPG Bahasa Indonesia. Soal-soal ini merupakan kumpulan
soal-soal yang admin pilih dan menurut pengalaman admin soal-soal ini cukup
banyak yang muncul saat admin mengikuti ujian UTN PPG Bahasa Indonesia.
UTN PPG Bahasa Indonesia ini meliputi beberapa modul pembelajaran. Meliputi 10
Modul Produktif dan 10 Modul Pedagogik. Jadi soalnya adalah gabungan dari soal
pedagogik dan soal profesional.
Soal Pretest PPG Bahasa Indonesia dan Soal UTN Bahasa Indonesia
1. Dibawah ini merupakan jenis drama adalah
a. Tragedi, masalah,komedi
b. Tragedi, masalah,humor
c. Heroic, tragedy, humor
d. Melodrama, lucu, tragedy
(Sesuai modul tertulis seperti itu)
2. Bapak presiden berpidato menggunakan bahasa Indonesia dihadapan pemimpin dari daerah/suku yang berbeda. Kedudukan bahasa Indonesia berfungsi sebagai
a. Bahasa Negara
b. Bahasa kenegaraan
c. Bahasa nasional
3. Fonem diucapkan pertama kali oleh anak adalah vocal
a. Vocal a
b. Bilabial hambat p
c. Bilabial hambat b
d. Bilabial hambat m
(Tergantung soal yang ditanyakan saat UTN. Kalau yang ditanyakan vocal maka vocal a, tapi kalau yang ditanyakan konsonan maka konsonan hambat bilabial b)
4. Ujian semester atau kenaikan kelas diguanakan untuk mengukur
a. Memperbaiki kekurangan peserta didik
b. Penentuan pelaksanaan remedial
c. Menentukan keberhasilan peserta didik
d. Menentukan keberhasilan belajar satuan pendidikan peserta didik
5. Berikut ini merupakan jenis puisi lama
a. Seloka syair talibun
b. Gurindam karmina talibun
c. Pantun syair gurindam
d. Seloka syair gurindam
6. Budi membeli baju dipasar ….. fungsi kata budi pada kaliamat tsb berfungsi sebagai
a. Benefaktif
b. Agentif
c. Rekreatif
d. Kasuatif
7. Pemenggalan kata mempertanggungjawabkan ?
a. Mem+(pertanggungjawab)+kan
b. Memper+tanggungjawabkan
c. Mem+per+tanggungjawab+kan
d. Mem+pertanggungjawabkan
8. perhatikan soal berikut ini
beli cempedak campur acar
naik becak menuju semanggi
[…]
[…]
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah
A. jadi anak arus rajin belajar
Agar kelak tidak merugi
B. jadi anak rajinlah mengaji
Agar besok masuk surge
C. marilah jadi anak yang sabar
Anak yang sabar disayang tuhan
D. marilah adik bermain anggar
Bermain anggar pakai cemeti
Pernyataan yang berkaitan dengan pengembangan saol tersebutyang paling tepat adalah
a. soal tersebut sudah mengukur indikator operasional untuk pencapaian kompetensi dasar menulis pantun sesuai dengan syarat pantun
b. soal tersebut baru mengukur indicator prsyarat untuk pencapaian kompetensi dasar menulis pantun sesuai dengan syarat pantun
c. soal tersebut tidak tepat untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar menulis pantun sesuai dengan syarat pantun
d. soal tersebut sudah tepat untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar menulis pantun sesuai dengan syarat pantun
9. Berdasarkan ciri- cirinya contoh karya sastra berikut bukan termasuk jenis gurindam adalah
a. walaupun kaya jangan menghina
kaya dan miskin sama sahaja
b. semakin lama semakin sabar
peluang sukses makin melebar
c. tari saman indah gerakannya
tanda iman lapang dadanya
d. bila diri terburu-buru
tanda jiwa dikuasaai nafsu
(pilihan C termasuk karmina)
10. Dalam tataran sintaksis yang merupakan satuan terkecil adalah
a. frase
b. klausa
c. bunyi
d. kata
(Soal ini terserah kita menjawab karena modul dan referensi terjadi perbedaan. Para ahli bahasa memasukkan kata sbg satuan terkecil dari sintaksis. Di dalam modul ttg aliran linguistic bahwa frase merupakan satuan terkecil dari sintaksis)
11. Pernyataan berikut ini yang tidak tepat tentang kelas kata menurut aliran fungsional
a. frasa adjectival adalah frasa yang dibentuk dengan kata sifat, sebagai inti dengan menambhakan kata lebih sebagai penjelas
b. frasa verbal terdiri atas modifikatif, koorinatif, aposif.
c. Frasa nominal adalah kelompok kata yang dibentuk dengan menambahkan kata kata benda itu
d. Frasa adalah sekelompok kata bersubjek yang tidak ada predikatnya.
12. Contoh materi pembelajaran sintaksis berikut ini yang struktur kalimatnya paling tepat adalah
a. Dia mengatakan sama sekali tidak mengetahui peristiwa itu seolah-olah
b. Pada menit kelima puluh, pemain sepak bola behasil mencetak gol
c. Bahasa merupakan satu produk kebudayaan yang kreatif manusiawi
d. Aneh sekali, sejak pagi adinda tidak keluar kamar kemarin
13. Berikut ini adalah fonem-fonem yang telah dikuasai pembelajar a/ i/ u/ e/ o/ b/ c/ d/ m/ n, manakah diantara fonem tersebut yang paling awal dan mudah
a. u/ b/ c
b. u/ b/ c/ d
c. i/ o/ u/ b/ c/ d/ m
d. i/ a/ u
(Fonem C sangat susah dikuasai dibanding yang lain)
14. Dalam aliran linguistik fungsional, contoh materi pembeljaran morfologi bahasa Indonesia yang paling tepat yaitu
a. gempa bumi itu menewaskan ratusan orang
b. me- dan pe- , contoh pada me- +tulis, pe- +tulis
c. <balai> /b/, /a/, /l/, /a/, /i/, dan ,<lalai> /l/, /a/, /l/, /a/, /i/
d. <baku> /b/ /a/ /k/ /u/ dan <saku> /s/ /a/ /k/ /u/
15. Lurah : jadi, maling itu, mati?
Warga : mati, pak lurah, mati !
Lrah :kenapa maling itu tidak kau bawa kemari?
Warga : saya nggak kuat membawanya sendirian pak lurah dan untk meminta bantuan dari tetangga saya tidak mau, sebab saya tidak berani lancing sebelum pak lurah melihat sendiri siapa maling itu
Lurah :bawa kemari maling itu lekas!
Warga : tapi pak lurah apa nanti tidak malu
Lurah : kenapa mesti malu
Warga : karena maling itu adalah……… ternyata adik lelaki pak lurah sendiri
( dikutip dari cerita rekaan B. rahmanto dkk)
Konflik yang terdapat dalam kutipan drama diatas adalah
a. Keresahan masyarakat terhadap keamanan lingkungan mereka gara-gara seorang maling adik lurah mereka
b. Warga merasa berat menyerahkan maling yang terbunuh kepada lurah karena ternyata maling tersebut adik lurah
c. Sulitnya warga melakukan penangkapan seorang maling yang meresahkan lingkunagn mereka
d. Seorang maling yang selalu meresahkan masyarakat telah terbunuh dalam penangkapan warganya sendiri
16. Berakit-rakit ke hulu
Berenang renag ke tepian
………………………
…………………………….
Bentuk soal di atas seuai dengan indikator
a. Mampu menyusun pantun dengan benar
b. Mampu melengkapi pantun sesai dengan syarat pantun
c. Menulis pantun sesuai dengan syarat pantun
d. Mampu menuliskan pantun sesuai dengan unsur pantun
17. Pemerolehan fonologi anak usia 0-6 minggu yaitu
a. Huruf konsonan bilabial
b. Huruf konsonan nasal
c. Huruf vocal
d. Konsonan rangkap
18. Pernyataan berikut ini yang paling tepat mengenai pemerolehan bahasa anak dalam konteks semantik
a. Ketika sebuah kalimat ditujukan pada anak usia 1 tahun, dia sangat memahami dan meresponnya dengan baik namun bukan dalam konteks
b. Ketika sebuah kalimat ditujukan pada anak usia 1 tahun, dia sudah mampu memahami dan meresponnya dengan baik meskipun respon itu sekedar tindakan
c. Ketika sebuah kalimat ditujukan pada anak usia 1 tahun, dia tidak mampu memahami dan meresponnya dengan baik meskipun respon itu sekedar tindakan
d. Ketika sebuah kalimat ditujukan pada anak usia 1 tahun, dia belum mampu memahami dan meresponnya dengan tindakan
19. Dalam membelajarkan bahasa Indonesia berbasis teks pada K13, guru memfokuskan pada tiga fitur utama teks yaitu
a. Membangun konteks, pemodelan, latihan
b. Konteks, struktur teks, kaidah teks
c. Isi teks, ciri teks, kaidah teks
d. Teks, unsur instrinsik teks, kaidah kebahasaan
20. Perhatikan kalimat berikut ini
Ibu membelikan adik sepatu
Pernyataan yang sesuai dengan kata membelikan adalah
a. Bentuk dasar kata membelikan yaitu belikan
b. Kata dasar dan operan kata memberikan memiliki leksem sama
c. Kata dasar kata membelikan adalah tidurkan
d. Kata dasar dan bentuk dasar kata membelikan memiliki kelas kata yang berbeda
21. Guru mapel dapat mengajukan program remedial untuk kasus khusus berbeda kepada guru bimbingan konseling apabila
a. Sudah tidak ada waktu lagi untuk melakuakn pembelajaran remedial
b. Peserta ddik mengalami kegagalan belajar terlalu banyaksehingga membutuhkan motivasi bimbingan konselng
c. Telah melakukan pembelajaranremedial tetapi peserta didik belum bias mencapai KKM
d. Menemukan penyebab kesulitan belajar di luar kewenangan guru mat pelajaran
(MASIH PENDING BLM DITEMUKAN JAWABAN YANG TEPAT)
22. Rumusan tujuan pembelajaran berikut, makah yang sesuai dengan KD, berwawancara dengan nara sumberdari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara?
a. Setelah berlatih wawancara berpasangan dengan temannya peserta didik dapat melaksanakan wawancara dengan nara sumber sesuai dengn etika berwawancara
b. Setelah berdiskusi dan membaca materi , peserta didik dapat menetukan cirri pewawancara yang baik
c. Setelah memperhatikan kegiatan wawancara yang dilakukan temannyapeserta didik dapat memberikan kritik dan saran atas kesalahnyang dilakukan temanya dalam melakukan wawancara
d. Setela menyaksikan tayangan rekaman wawancarayang baik, peserta didik memberikan kritikdan saran tentang etika berwawancara
23. contoh kalimat yang paling santun sesuai dengan tata cara berdiskusi dalam menolak pendapat seseorang penyaji adalah…
a. Maaf, saudara Anne, saya kurang setuju dengan pendapat saudara
b. Maaf, saudara Anne, saya berkeberatan dengan pendapat saudara
c. Jika saudara anne tidak bias menujukkan bukti-bukti, saya tidak akan menerima pendapat saudara
d. Maaf, saudara Anne, terus terang saya kurang setuju dengan pendapat Saudara.
24. Malam minggu kemarin hal itu terjawab. Walaupun kelihatannya masih samar-samar , Sukri melihat ada skuter diparkir di depan rumah Sumarni. Sukri tidak jadi masuk. Dia intip dari balik semak semak, sumarni menerima seorang pemuda diruang tamu. Mereka duduk berdua diruang tamu, dan tidak lama sukri berlindung di semak semak, dia melihat Sumarni dan pemuda itu naik skuter sukri bagaikan dibakar api dalam semak-semak. Dia pandang skuter itu berlalu meninggalkan bunyi yang menusuk hati. Dia perhatikan tangan Sumarni mendekap pinggang pemuda itu. Dia lihat dada Sumarni menempel dipunggung pemuda yang memboncengkannya . darahnya mendidih melihat itu, inilah penyebab dingin sikap Sumarni kepadanya. Dia sudah berpaling kepada pemuda skuter. Aku tidak punya skuter, pemuda itu punya skuter, dan sukri menyelipkan pisau belati di pinggangnya, cerpen sukri membawa pisau belati, hamsad rangkuti
Pendeskripsian watak sukri seorang pencemburu dalam kutipan tersebuut
a. Lingkungan disekitar tokoh, perilaku tokoh, dialog antar tokoh
b. Dialog antar tokoh, tanggapan tokoh lain, dan pikiran2 tokoh
c. Secara langsung, perilaku tokoh, dan pikiran pikiran tokoh
d. Pikiran pikiran tokoh, dialog antartokoh dan perilaku tokoh
25. cermati cerpen dibawah ini
Tidak, mudah mudahan tidak. Hasudin penurut. Tidak seperti abang abangnya dia anak penurut aku masih ingat almarhum kamarudin, tidak mau dia mengindahkan kata-kataku, jangan melompat-lompat dan banyak berlari-larian sehari sebelum disunat. Tapi ia tidak mengindahkannya. Terus saja berlarian bersama teman-temannya. Dia seperti lupa akan disunat, akibatnya, darahnya turun, dan dukun pun tak mampu mengatasi
Amanat penggalan cerpen tersebut adalah
a. Tidak perlu menyesali yang sudah terjadi
b. Setiap anak mempunyai sifat yang berbeda
c. Orang tua harus dapat menasihati anak
d. Sebagai anak harus menaati perintah orang tua
(Jawaban masih rancu akhirnya dipending)
26. Bila rumusan indikator berbunyi “ membedakan teks eksplanasi dan teks eksposisi” instrument penilaian yang relevan adalah
a. Identifikasikanlah unsur pembngun teks eksplanasi dan teks eksposisi
b. Sebutkanlah konjungsi dalam teks eksplanasi dan eksposisi
c. Simpulkanlah struktur teks eksplanasi dan teks eksposisi
d. Bedakanlah teks eksplanasi dan teks eksposisi
(jawaban masih dipending)
27. penulisan gabungan kata yang kurang tepat terdapat dalam kalimat
a. Konsumsi premium saat ini adalah 91,5 ribu kilo liter per hari
b. Penggalian pengetahuan lebih banyak untuk mengatasi depresi dengan obat antidepresan
c. Bangsa Indonesia berdukacita atas musibah tanah longsor di berbagai daerah
d. Kerja sama antara rakyat dan pemerintah mutlak diperlukan demi kelancaran pembangunan infrastruktur di aceh.
28. Perhatikan penggunaan kojungtor subordinatif pada kalimat berikut!
Saya tidak akan datang mesti dijemput bidadari
Kalimat yang menggunakan konjungtor untuk fungsi yang sama dengan konjungtor biarpun adalah sbb
a. Saya tidak ikut acara karena tidak diundang
b. Ayah belum mengirim uang sehingga saya belum bisa mengembalikan pinjaman
c. Saya rasa adikmu tertarik pada apa yang saya tawarkan
d. Sekalipun kamu menangis darah, saya tidak akan bergeming
29. Perhatikan pernyataan berikut!
Karena bahasa Indonesia, berbagai suku bangsa itu mencapai keserasian hidup sebagai bangsa yang bersatu dengan tidak perlu meninggalkan identitas kesukuan dan kesetiaan pada nilai-nilai social budaya serta latar belakang bahasa daerah yang bersangkutan.
Pernyataan di atas menggambarkan fungsi bahasa Indonesia sebagai…
A. Alat penyatuan berbagai suku bangsa dengan latar belakang social budaya dan bahasa yg berbeda
B. Alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi
C. Alat penghubung pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pengembangan
D. Alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
30. Cermatilah kalimat berikut dengan saksama!
(1) Bahasa Indonesia menuntut kelengkapan unsur sintaksis serta kejelasan makna.
(2) Mungkin janggal kedengarannya tetapi memang begitulah seharusnya.
(3) Untuk menghadapi ujian akhir sekolah, dia rajin belajar sehingga lulus dengan nilai baik.
(4) Ia tidak mengambil buku itu melainkan memindahkannya ke lemari buku.
Kalimat di atas yang mengaplikasikan kaidah sintaksis dengan benar adalah nomor..
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
31. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Alat penghubung antarwarga, antardaerah, dan antarbudaya
(2) Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan
(3) Alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi
(4) Alat penghubung pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pengembangan
(5) Alat pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi
Pernyataan di atas yang merupakan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara adalah
a. (1), (2), (4)
b. (2), (3), (5)
c. (2), (3), (4)
d. (1), (2), (3)
. 32. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Saya sudah tahu hal itu
(2) Dalam buku ini dibahas ihwal kosakata
(3) Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran
(4) Buku itu bermanfaat bagi saya
(5) Buku ini dibeli ibu untuk….
Kaidah semantic yang benar nomor…
a. (2), (3)
b. (3), (5)
c. (1), (2)
d. (4), (5)
33. drama ini mungkin tentang kesedihan atau akhir yang menyenangkan, meskipub berakhir menyedihkan seperti tumpukan mayat atau teriakan orang gila…..
Jenis drama tersebut adalah
a. Tragedi
b. Melodrama
c. Drama heroik
d. Drama masalah
34. ada beberapa sswa memeroleh nilai bahasa indonesia yang pertama amis 70, donna 60, puput 75 dan arif 65 berapakah KKM yang sesuai berdasarkan hasil yang diperoleh mereka ?
a. 65
b. 70
c. 72
d. 80
35. Yang termasuk jenis prosa berikut ini adalah….
A. Cepen,novel, cergam
B. Cerbung, Drama, cerbung
C. Cerpen, novel, cerbung
D. Cepen. Novel. Drama
36. “Berikut penggalan dialog antara guru dengan siswa.
Guru : “Baiklah murid- murid, adakah dari Kalian yang belum ngerti mengenai materi sel yang kita pelajari hari ini?
Murid : (Semua murid terdiam)
Guru : Mengapa Kalian hanya diam? Saya anggap sudah ngerti. Baiklah kalau begitu kita akan tes uji pemahaman, jika tidak ada yang ingin bertanya.
Murid : (Gelisah) Tunggu Bu, Saya masih sedikit belum mengerti.
Guru : Bagus Anton, setidaknya Kamu sedikit mengulur waktu tes. Apa yang ingin Kamu tanya?
Murid : (tersenyum licik), begini Bu, Saya masih sulit memahami teori yang dikata oleh Schleiden dan Schwann, sel merupakan unit struktural dan fungsional suatu kehidupan. Bisa ga ibu jelaskannya lagi?
Berdasarkan penggalan dialog di atas, ragam bahasa yang digunakan….”
A. Formal
B. Baku
C. Akrab
D. Informal
37. Perbedaan pemerolehan dan pembelajaran Bahasa adalah…
a. Pemerolehan Bahasa bersifat sementara, pembelajaran Bahasa sepanjang hayat
b. Pemerolehan Bahasa didapat menurut para ahli, pembelajaran Bahasa didapat dari diri sendiri
c. Pemerolehan Bahasa diperoleh dari Bahasa ibunya, pembelajaran bahasa diperoleh dari orang lain sebagai Bahasa kedua atau lebih
d. Pemerolehan Bahasa tidak konsisten, pembelajaran Bahasa konsisten
38. Siswa denga gaya belajarvisual cenderung pasif untuk bertanyadan berinteraksidi depan kelas. Apa strategi guru menghadapi siswa yang cenderung bergaya belajar visual
a. Mendorong siswa visual untuk berceramah tentang lingkungan di depan kelas
b. Mendorong siswa visual menggambarkan informasi dengan pete/grafik/ bagan
c. Meminta siswa visual membacakan teks cerpen di depan kelas
d. Meminta siswa visual untuk mendemonstrasikan teks prosedur di depan kelas
39. Untuk pembelajaran menulis pantun, guru dapat menggunskan pengalaman belajar siswa yang paling tepat , seperti…..
a. Siswa menceritakan pengalaman berbagi cerita bersama keluarga di rumah
b. Siswa menceritakan pengalasmannya menonton kegiatan rohani dalam film Ketika Cinta Bertasbih
c. Siswa bercerita tentang kegiatan berbagi pengalaman dalam acara Kick Andy
d. Siswa menceritakan pengalamannya melihat acara berbalas pantun dalam upacara pernikahan Betawi
40. Pernyataan berikut mengenai morfologi yang paling tepat adalah…
a. Berdasarkan bentuknya morfem terbagi dua yaitu morfem dasar bebas dan morfem dasar terikat
b. Berdasrkan bentuknya morfem terbagi tiga yaitu transposisi, afiksasi, dan reduplikasi
c. Berdasarkan bentuknya morfem terbagi dua, yaitu morfem dasar dan morfem turunan
d. Berdasrkan bentuknya morfem terbagi menjadi unik dan morfem bebas
41. Pernyataan berikut yang tidak tepat tentang fonologi aliran deskriptif adalah…
a. Bunyi (f) dan (v) bukanlah dua fonem berbeda dalam profinsi dan provensi
b. Fonem (l) dan (r) akan membentuk makna jika digabungkan sehingga menjadi marah dan malah
c. Kata berpakaian merupakan bentuk fonem yang berurutan ber-/+/-an, yakni yang satu terdapat sesuadah yang lain
d. Bunyi (k) dan (g) merupakan dua fonem berbeda dalam kata cakar dan cagar
42. Apabila dalam intrumen penilaian, indicator soal berbunyi; menenyukan bagian teks eksplanasi sesuai dengan struktur teks dalam wacana yang diberikan, maka butir soalnya menjadi…
a. Tentukan bagian- bagian teks eksplanasi sesuai dengan struktur teks dalam wacana di atas!
b. Jelaskanlah bagian-bagian teks eksplanasi sesuai dengan struktur teks dalam wacana di atas!
c. Temukankan bagian-bagian teks eksplanasi sesuai dengan struktur terks dalam wacana di atas!
d. Identifikasikanlah bagian-bagian teks eksplanasi sesuai dengan struktur teks dalam wacana di atas!
43. Seorang guru Bahasa Indonesia dituntut harus memiliki kompetensi menyusun perangkat pembelajaran. Selain RPP, guru harus mampu menyusun…
a. Bahan ajar, LKS, media pembelajaran dan instrument penilaian
b. Silabus, alat peraga dan media pembelajaran, lampiran pembelajaran
c. Silabus, materi pokok, buku teks, pedoman penilaian
d. Materi ajar, sumber rujukan, pendekatan pembelajaran, penilaian
44. Berikut ini deskripsi nilai belajar siswa dalam rapor siswa yang meliputi aspek keterampilan pada salah satu teks Bahasa Indonesia adalah…
a. Siswa belum mampu mengidentifikasi struktur teks tanggapan deskripsi
b. Siswa sudah bersikap santun terhadap siswa lain dan gurunya
c. Siswa sudah mahir menulis teks cerpen sesuain dengan struktur teks dan kaidah teks yang diberikan
d. Siswa sudah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam presentasi
45. Penelitian ini menentukan bahwa calon guru harus memiliki kompetensi professional (kemampuan bidang studi), kompetensi pedagogic, kepribadian, dan social. Kompetensi professional berupa kompetensi dalam mengusai bidang studi yang diajarkan. Kompetensi pedagogic mencakup kemampuan memahami potensi peserta didik, cara belajar peserta didik, memberi gambaran pekerjaan pada peserta didik, merencanakan pembelejaran yang mendidik, melaksanakan interaksi belajar mengajar di kelas, dan mengvaluasi. Kompetensi kepribadian meliputi kepribadian mantap, kepribadian dewasa, kepribadian mulia, dan kemandirian. Penyebab paragraf di atas termasuk paragraf yang kurang sempurna adalah…
a. Kalimat penjelas tidak lengkap
b. Tidak memiliki kalimat topik utama
c. Tidak memiliki kalimat penjelas
d. Ide pokoknya tidak jelas
46. Dalam rancangan pembelajaran , komponen-komponen yang termuat adalah…
a. KI-KD-Indikator- tujuan pembelajaran Materi ajar-Teknik-Kegiatan Inti-Sumber Belajar- Evaluasi
b. KI-KD-Materi-Pendekatan-Kegiatan inti-Pembelajaran-Sumber Rujukan-Penilaian
c. KI-KD-Indikator-Materi Pokok-Pendekatan-Kegiatan Pembelajaran-MediaPembelajaran-Penilaian
d. KI-KD-Indikator-Materi-Model-Kegiatan Pembelajaran-Alat Pembelajaran-Rubrik
47. Contoh pemerolehan Bahasa anak dalam konteks pragmatic, adalah…
a. Bila orang tua menyapa anak-anaknya, anak akan mengabaikan orang tuanya, itulah tanda bahwa percakapan akan dimulai. Pada tahap giliran akan terjadi pengabaian respons dan pada bagian penutup, pertanyaan orang tua tidak terjawab.
b. Anak akan berlaku semena-mena terhadap orang tuanya, dengan tidak pernah menyapa orang tuanya dalam kegiatan apapun, sehingga orang tua akan menyapa terlebih dahulu.
c. Bila orang tua menyapanya atau anak-anak yang menyapa terlebih dahulu, itulah tanda bahwa percakapan akan dimulai. Pada tahap giliran akan terjadi memberikan respons dan pada bagian penutup, pertanyaan tadi tidak terjawab karena anak lalu pergi saja meninggalkan orang tuanya atau beralih ke kegiatan lain.
d. Anak akan menjawab percakapan dengan orang tuanya lalu mengambil alih semua tahapan percakapan dengan kedua orang tuanya.
48. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks, guru menggunakan model pembelajaran discovery learning. Materi dan langkah-langkah yang sesuai untuk model pembelajaran tersebut adalah….
a. Materi teks pidato dengan cara memeragakan teks pidato ala Bung Karno dengan penuh penghayatan di depan kelas
b. Materi teks prosedur dengan cara mendemonstrasikan percobaan tentang perubahan warna merah pada daun bayam setelah dicelupkan dalam segelas air berwarnah merah
c. Materi teks puisi dengn cara mendeklamasikan puisi tentang kecintaan terhadap Tuhan dan sesama manusia di depan kelas
d. Materi teks fabel, dengan cara menyajikan teks fabel dengan alat peraga berupa doll speak dan komic flat buatan siswa di depan kelas.
49. Dalam aliran linguistic deskriptif, terdapat adanya kategori verbal, yaitu….
a. Fonem merupakan satuan behavioral
b. Tidak ada orang pertama jamak dan kata ganti bersifat tidak tetap
c. Unit dasar Bahasa adalah kalimat
d. Kategori yang dalam Bahasa –bahasa Eropa bersifat arbitrer
50. Pernyataan berikut yang paling tepat mengenai pemerolehan Bahasa anak dalam konteks semantik adalah….
a. Kemampuan memahami maksud kalimat pada anak usia 2 tahun kadang-kadang terlihat sangat jelas
b. Kemampuan memahami maksud kalimat pada anak usia 2 tahun sudah terlihat sangat jelas
c. Kemampuan memahami maksud kalimat pada anak usia 2 tahun tidak terlihat sangat jelas
d. Kemampuan memahami maksud kalimat pada anak usia 2 tahun belum terlihat sangat jelas