Sukses test akademik
PPG 2019 atau pretest PPG 2019 itu jika guru yang mengikuti test tersebut
memperoleh nilai pada masing-masing kompetensi yang di ukur dengan baik. Nilai
kompetensi yang di ukur tersebut meliputi kompetensi profesional, kompetensi
pedagogik,kompetensi sosial kebangsaan, kompetensi psikologi. Sangat berat
memang, karena masing-masing kompetensi tersebut mempunyai tingkat kesulitan
masing-masing, khususnya kompetensi pedagogik.
PPG 2019 atau pretest PPG 2019 itu jika guru yang mengikuti test tersebut
memperoleh nilai pada masing-masing kompetensi yang di ukur dengan baik. Nilai
kompetensi yang di ukur tersebut meliputi kompetensi profesional, kompetensi
pedagogik,kompetensi sosial kebangsaan, kompetensi psikologi. Sangat berat
memang, karena masing-masing kompetensi tersebut mempunyai tingkat kesulitan
masing-masing, khususnya kompetensi pedagogik.
Apa itu
kompetensi pedagogik?
Yang di maksud
dengan Kompetensi Pedagogik yaitu kemampuan guru dalam memahami peserta didik,
merancang dan melaksanakan kegiatan
pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar peserta didik, dan pengembangan
peserta didik untuk menerapkan berbagai potensi yang dimilikinya. Jadi kompetensi pedagogik mutlak adalah
kemampuan seorang guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran.
dengan Kompetensi Pedagogik yaitu kemampuan guru dalam memahami peserta didik,
merancang dan melaksanakan kegiatan
pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar peserta didik, dan pengembangan
peserta didik untuk menerapkan berbagai potensi yang dimilikinya. Jadi kompetensi pedagogik mutlak adalah
kemampuan seorang guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran.
Soal Kompetensi
Pedagogik
Soal-soal yang
berkaitan dengan kompetensi pedagogik sebenarnya tidak terlalu sulit
bagiseorang guru. Tapi terkadang, setelah kegiatan test selesai tidak jarang
terdengar celotehan guru tentang soal pedagogik yang terkadang membuat guru
tersebut bingung. Bukan tidak bisa, tapi hanya bingung karena jawabaan yang di
sajikan cenderung mirip-mirip.
berkaitan dengan kompetensi pedagogik sebenarnya tidak terlalu sulit
bagiseorang guru. Tapi terkadang, setelah kegiatan test selesai tidak jarang
terdengar celotehan guru tentang soal pedagogik yang terkadang membuat guru
tersebut bingung. Bukan tidak bisa, tapi hanya bingung karena jawabaan yang di
sajikan cenderung mirip-mirip.
Untuk soal
pedagogik yang di sajikan biasanya tidak lepas dari aktivitas kegiatan guru
sehari-hari. Meliputi konsep RPP, kurikulum, penerapan kurikulum dalam
pembelajaran, evaluasi pembelajaran, teori pembelajaran, menagemen kelas,
pemehamaran karakter peserta didik, kemampuan mengelola kelas dan sebagainya.
Intinya semua guru pasti paham dengan soal yang di sajikan, hanya saja
menentukan jawaban yang paling tepat itu yang terkadang sulit karena pola
pemahaman peserta dengan tim pembuat soal yang berbeda.
pedagogik yang di sajikan biasanya tidak lepas dari aktivitas kegiatan guru
sehari-hari. Meliputi konsep RPP, kurikulum, penerapan kurikulum dalam
pembelajaran, evaluasi pembelajaran, teori pembelajaran, menagemen kelas,
pemehamaran karakter peserta didik, kemampuan mengelola kelas dan sebagainya.
Intinya semua guru pasti paham dengan soal yang di sajikan, hanya saja
menentukan jawaban yang paling tepat itu yang terkadang sulit karena pola
pemahaman peserta dengan tim pembuat soal yang berbeda.
Prediksi Soal
Kompetensi Pedagogik Pretest PPG Tahun
2019
Untuk prediksi
soal pedagogik pretest ppg tahun 2019 ini merupakan prediksi atau perkiraan
soal-soal yang admin coba kumpulkan dari beberapa sumber. Soal-soal ini sedikit
banyak admin seleksi dari beberapa kumpulan soal yang ada. Minimal bisa
memberikan gambaran kepada teman-teman yang sedang berjuang mengkuti pretest
PPG Tahun 2019. Berikut prediksi soal kompetensi pedagogik pretest PPG Tahun
2019 sebagai berikut :
soal pedagogik pretest ppg tahun 2019 ini merupakan prediksi atau perkiraan
soal-soal yang admin coba kumpulkan dari beberapa sumber. Soal-soal ini sedikit
banyak admin seleksi dari beberapa kumpulan soal yang ada. Minimal bisa
memberikan gambaran kepada teman-teman yang sedang berjuang mengkuti pretest
PPG Tahun 2019. Berikut prediksi soal kompetensi pedagogik pretest PPG Tahun
2019 sebagai berikut :
1. Manusia pada
dasarnya berpotensi untuk berperilaku baik, dan bisa menjadi manusia ideal,
jika ia dididik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.
Pernyataan tersebut merupakan asas dari ….
dasarnya berpotensi untuk berperilaku baik, dan bisa menjadi manusia ideal,
jika ia dididik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.
Pernyataan tersebut merupakan asas dari ….
A.
potensialitas
potensialitas
B. moralitas
C. dinamika
D. sosialitas
Jawab:
B. benar, sebab
asas moralitas mengajarkan bahwa manusia memiliki dimenasi moralitas yang
memungkinkan manusia dapat dididik
asas moralitas mengajarkan bahwa manusia memiliki dimenasi moralitas yang
memungkinkan manusia dapat dididik
2. Pak Ali
ingin melihat keseriusan siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara
mendiskusikan suatu topik kasus kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan
diskusi tersebut membuat Riri semangat karena dilingkungannya banyak orang
miskin, dan yang dia lihat ada balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak
Ali sedang menerapkan prinsip belajar …
ingin melihat keseriusan siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara
mendiskusikan suatu topik kasus kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan
diskusi tersebut membuat Riri semangat karena dilingkungannya banyak orang
miskin, dan yang dia lihat ada balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak
Ali sedang menerapkan prinsip belajar …
A. perhatian
B. motivasi
C. aktivitas
D. perbedaan
individual
individual
Jawab:
A. Benar,
karena perhatian dapat memusatkan pikiran dan perasaan
karena perhatian dapat memusatkan pikiran dan perasaan
3. Kemampuan
dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat
untuk mengoptimalkan metode ….
dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat
untuk mengoptimalkan metode ….
A. diskusi
B. demonstrasi
C. simulasi
D. eksperimen
Jawab:
C. Benar,
karena siswa mampu berkomunikasi dan berperan
karena siswa mampu berkomunikasi dan berperan
4. Pendidikan
merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan
martabat kemanusiaannya. Hal ini karena pendidikan bersifat ….
merupakan suatu upaya untuk membantu manusia agar mampu hidup sesuai dengan
martabat kemanusiaannya. Hal ini karena pendidikan bersifat ….
A. humanisasi
B.
individualitas
individualitas
C. sosialitas
D.
potensialitas
potensialitas
Jawab
A. benar, sebab
tujuan dari humanisasi adalah upaya memanusiakan manusia
tujuan dari humanisasi adalah upaya memanusiakan manusia
5. Alfred
adalah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya seorang pengusaha kaya, bila
kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini membuat ia disayang oleh semua
guru, padahal kecerdasannya pas-pasan sajA. Nandy juga bersekolah di sekolah
yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy seringkali menunggak SPP maupun uang
buku, sehingga seringkali ia mendapat skorsing dari sekolah. Hal ini
mengakibatkan Nandy menjadi pendiam dan rendah diri, padahal sebenarnya ia
adalah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan murid karena
status ekonominya adalah salah, karena pendidikan itu ….
adalah siswa kelas IV SD Kertajaya, ayahnya seorang pengusaha kaya, bila
kesekolah ia diantar oleh sopir pribadi. Hal ini membuat ia disayang oleh semua
guru, padahal kecerdasannya pas-pasan sajA. Nandy juga bersekolah di sekolah
yang sama, ayahnya seorang pemulung, Nandy seringkali menunggak SPP maupun uang
buku, sehingga seringkali ia mendapat skorsing dari sekolah. Hal ini
mengakibatkan Nandy menjadi pendiam dan rendah diri, padahal sebenarnya ia
adalah anak yang cerdas. Tindakan sekolah yang membeda-bedakan murid karena
status ekonominya adalah salah, karena pendidikan itu ….
A. merupakan
martabat orang perorang
martabat orang perorang
B. hanya boleh
diikuti oleh orang yang memupunyai uang
diikuti oleh orang yang memupunyai uang
C. hak asasi
manusia
manusia
D. pendidikan
dapat membentuk kepribadian manusia menjadi baik
dapat membentuk kepribadian manusia menjadi baik
Jawab:
C. benar, sebab
pendidikan merupakan hak asasi setiap orang, oleh sebab itu tidak ada batasan
untuk mengikuti pendidikan
pendidikan merupakan hak asasi setiap orang, oleh sebab itu tidak ada batasan
untuk mengikuti pendidikan
6. Maju
mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju atau tidaknya pendidikan di
negara tersebut, hal ini membuktikan bahwa pendidikan merupakan salah satu
landasan ekonomi dan memandang pendidikan sebagai ….
mundurnya ekonomi suatu negara terletak pada maju atau tidaknya pendidikan di
negara tersebut, hal ini membuktikan bahwa pendidikan merupakan salah satu
landasan ekonomi dan memandang pendidikan sebagai ….
A. ing ngarso
sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani
sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani
B. Human
invesment
invesment
C. deviant
behaviour
behaviour
D. pranata
sosial
sosial
Jawab:
B. benar, sebab
dengan pendidikan menyebabkan seseorang menjadi pandai dan ini merupakan sebuah
investasi
dengan pendidikan menyebabkan seseorang menjadi pandai dan ini merupakan sebuah
investasi
7. Secara umum,
tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik dalam
mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara,
dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan dari ….
tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik dalam
mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara,
dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan dari ….
A.
instruksional umum
instruksional umum
B.
instruksional khusus
instruksional khusus
C. pendidikan
nasional
nasional
D. pendidikan
sekolah
sekolah
Jawab:
D. benar, sebab
tujuan pendidikan sekolah adalah seperti tersebut di atas
tujuan pendidikan sekolah adalah seperti tersebut di atas
8. Sekolah yang
baik dan unggul adalah sekolah yang ditandai oleh banyaknya lulusan/alumni yang
diterima jika mendaftar di sekolah/di perguruan tinggi negeri (khususnya),
maupun akan melamar pekerjaan. Contoh di atas diakibatkan oleh faktor-faktor
yang paling dominan. Pilihlah faktor yang dimaksud di bawah ini ….
baik dan unggul adalah sekolah yang ditandai oleh banyaknya lulusan/alumni yang
diterima jika mendaftar di sekolah/di perguruan tinggi negeri (khususnya),
maupun akan melamar pekerjaan. Contoh di atas diakibatkan oleh faktor-faktor
yang paling dominan. Pilihlah faktor yang dimaksud di bawah ini ….
A. guru, siswa
dan orang tua murid saling mencari kepandaian secara sendiri-sendiri
dan orang tua murid saling mencari kepandaian secara sendiri-sendiri
B. kompetensi
mengajar guru sangat baik, tetapi jarang mengajar karena disibukkan oleh tugas
tambahannya sebagai wakil kepala sekolah
mengajar guru sangat baik, tetapi jarang mengajar karena disibukkan oleh tugas
tambahannya sebagai wakil kepala sekolah
C. baik guru,
siswa, dan orang tua murid memiliki kesadaran untuk bisa maju secara
bersama-sama
siswa, dan orang tua murid memiliki kesadaran untuk bisa maju secara
bersama-sama
D. siswa
memiliki kompetensi belajar yang sangat baik, tetapi tidak pernah diperhatikan
oleh orang tua maupun sekolah
memiliki kompetensi belajar yang sangat baik, tetapi tidak pernah diperhatikan
oleh orang tua maupun sekolah
Jawab:
C. benar, sebab
jika kesadaran untuk maju sudah tumbuh secara bersama-sama, maka tujuan
pembelajaran akan mudah dicapai
jika kesadaran untuk maju sudah tumbuh secara bersama-sama, maka tujuan
pembelajaran akan mudah dicapai
9. Perilaku
yang terlihat pada Yani yang sedang memasuki tahap sensori motor, adalah ….
yang terlihat pada Yani yang sedang memasuki tahap sensori motor, adalah ….
A. Yani akan
menunjuk pada seekor ayam yang ada di depannya, ketika ibunya mengatakan ayam
kepadanya
menunjuk pada seekor ayam yang ada di depannya, ketika ibunya mengatakan ayam
kepadanya
B. Yani
berteriak-teriak memanggil ibunya ketika ada tukang es krim lewat
berteriak-teriak memanggil ibunya ketika ada tukang es krim lewat
C. Yani selalu
menangis apabila diberikan makanan yang tidak disukainya
menangis apabila diberikan makanan yang tidak disukainya
D. Yani
menangis sambil memukul-mukul tembok, ketika apa yang diinginkan tidak
terpenuhi
menangis sambil memukul-mukul tembok, ketika apa yang diinginkan tidak
terpenuhi
Jawab:
A. Benar
10. Andi yang
berusaha 8 tahun memperlihatkan gejala tidak dapat konsentrasi, kurang tidur,
selera makannya kurang, berbuat yang tidak baik di sekolah, dan selalu merasa
bersalah. Kondisi Andi dikategorikan menderita ….
berusaha 8 tahun memperlihatkan gejala tidak dapat konsentrasi, kurang tidur,
selera makannya kurang, berbuat yang tidak baik di sekolah, dan selalu merasa
bersalah. Kondisi Andi dikategorikan menderita ….
A. masalah
emosional
emosional
B. gangguan
kecemasan
kecemasan
C. fobia
sekolah
sekolah
D. depresi masa
kanak-kanak
kanak-kanak
Jawab:
D. Benar
11. Upaya yang
dilakukan guru dalam pembelajaran untuk menghadapi tingkat kecerdasan siswa
yang berbeda, di antaraya adalah….
dilakukan guru dalam pembelajaran untuk menghadapi tingkat kecerdasan siswa
yang berbeda, di antaraya adalah….
A.
memperhatikan kondisi sosial anak
memperhatikan kondisi sosial anak
B. memanfaatkan
berbagai macam media pendidikan
berbagai macam media pendidikan
C.
mengelompokkan anak yang berintelegensi tinggi
mengelompokkan anak yang berintelegensi tinggi
D.
mengelompokkan anak yang berintelegensi rendah
mengelompokkan anak yang berintelegensi rendah
Jawab:
B. Benar
12. Ada
individu yang dapat bertindak dengan cepat, ada individu yang bertindak dengan
lambat, tetapi ada juga individu yang bertindak dengan biasa-biasa saja. Hal
ini terjadi karena adanya perbedaan yang didasarkan pada ….
individu yang dapat bertindak dengan cepat, ada individu yang bertindak dengan
lambat, tetapi ada juga individu yang bertindak dengan biasa-biasa saja. Hal
ini terjadi karena adanya perbedaan yang didasarkan pada ….
A. emosinya
B.
kepribadiannya
kepribadiannya
C.
intelegensinya
intelegensinya
D.
kematangannya
kematangannya
Jawab:
C. Benar
13. Susi
mempunyai kesulitan dalam memecahkan masalah dan memahami konsep-konsep materi
pelajaran, serta sulit untuk belajar keterampilan akademik. Kondisi Susi ini
dikategorikan sebagai ….
mempunyai kesulitan dalam memecahkan masalah dan memahami konsep-konsep materi
pelajaran, serta sulit untuk belajar keterampilan akademik. Kondisi Susi ini
dikategorikan sebagai ….
A. kebodohan
B. sakit jiwa
C.
keterbelakangan mental
keterbelakangan mental
D. gangguan
emosional
emosional
Jawab:
C. Benar
14. Tujuan
dilakukannya evaluasi kemajuan belajar, pada dasarnya untuk mengukur….
dilakukannya evaluasi kemajuan belajar, pada dasarnya untuk mengukur….
A. tercapainya
tujuan pembelajaran umum dan khusus
tujuan pembelajaran umum dan khusus
B. tingkat
keberhasilan belajar siswa
keberhasilan belajar siswa
C. perbedaan
antara kondisi sebelum dan sesudah pembelajaran
antara kondisi sebelum dan sesudah pembelajaran
D. keberhasilan
guru dalam memberikan pembelajaran
guru dalam memberikan pembelajaran
Jawab:
A. Benar
15.
Perkembangan intelektual antara siswa SLTP dan siswa SLTA memiliki perbedaan.
Kemampuan siswa SLTP dalam hal mengoperasikan kaidah logika formal masih
terbatas, sedangkan siswa SLTA sudah dapat berpikir….
Perkembangan intelektual antara siswa SLTP dan siswa SLTA memiliki perbedaan.
Kemampuan siswa SLTP dalam hal mengoperasikan kaidah logika formal masih
terbatas, sedangkan siswa SLTA sudah dapat berpikir….
1).
generalisasi
generalisasi
2). komprehensi
3). mendekati
abstrak
abstrak
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1, 2 dan 3
Jawab:
A. Benar
16. Pernyataan
yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran
adalah ….
yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam pembelajaran
adalah ….
A. asesmen
adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
B. lingkup
asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program
pendidikan.
asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program
pendidikan.
C. asesmen
identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
D. asesmen
bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif
bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif
Jawab:
B. Benar,
karena antara asemen dan evaluasi adalah suatu penilaian yang berbeda ruang
lingkupnya
karena antara asemen dan evaluasi adalah suatu penilaian yang berbeda ruang
lingkupnya
17. Dengan
melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang
diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai
guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.
melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang
diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai
guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.
A. Mengajarkan
seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik
seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik
B. 3 dari 8
soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
C. Materi yang
telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar
mengajar.
telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar
mengajar.
D. melaksanakan
pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil
pre-test
pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil
pre-test
Jawab:
C. Benar,
karena waktu untuk mengajarkan materi yang 3 soal tadi dapat digunakan untuk
memperdalam materi lain
karena waktu untuk mengajarkan materi yang 3 soal tadi dapat digunakan untuk
memperdalam materi lain
18. Suatu
kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu
program pembelajaran disebut ….
kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu
program pembelajaran disebut ….
A. tes
B. evaluasi.
C. pengukuran
D. asesmen
Jawab:
B. Benar,
karena fungsi/kedudukan evaluasi adalah untuk mengukur efektivitas setiap
komponen dalam program pembelajaran
karena fungsi/kedudukan evaluasi adalah untuk mengukur efektivitas setiap
komponen dalam program pembelajaran
19. Penilaian
yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai
dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan
prinsip ….
yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai
dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan
prinsip ….
A. terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
Jawab:
B. Benar,
karena menyeluruh berarti sesuai dengan kurikulum dan meliputi aspek kognitif,
afektif dan psikomotor
karena menyeluruh berarti sesuai dengan kurikulum dan meliputi aspek kognitif,
afektif dan psikomotor
20. Untuk
mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal,
ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ….
mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal,
ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ….
A. melengkapi
pilihan
pilihan
B. hubungan
antar hal
antar hal
C. membaca
diagram.
diagram.
D. melengkapi
berganda
berganda
Jawab:
C. Benar,
karena diperlukan tingkat kognitif tinggi untuk membaca diagram dengan benar
karena diperlukan tingkat kognitif tinggi untuk membaca diagram dengan benar
21. Pentingnya
penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen
tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ….
penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen
tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ….
A. biaya
asesmen alternatif lebih murah
asesmen alternatif lebih murah
B. waktu yang
diperlukan lebih singkat
diperlukan lebih singkat
C. mampu
mengukur proses dan hasil belajar
mengukur proses dan hasil belajar
D. lebih mudah
dalam pelaksanaannya
dalam pelaksanaannya
Jawab:
C. Benar,
karena asesmen alternatif mampu mengukur proses dan hasil belajar
karena asesmen alternatif mampu mengukur proses dan hasil belajar
22. Salah satu
cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut
bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah….
cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa tersebut
bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah….
A. mengatakan
bahwa para siswa harus bekerja keras
bahwa para siswa harus bekerja keras
B. menghukum
siswa yang tidak dapat bekerja dengan baik
siswa yang tidak dapat bekerja dengan baik
C. meyakinkan
bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.
bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.
D. meyakinkan
bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian
bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian
Jawab:
C. Benar,
karena dengan kata-kata itu anak akan lebih percaya diri
karena dengan kata-kata itu anak akan lebih percaya diri
23. Seorang
guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh
yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi
/emosi anak adalah ….
guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh
yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi
/emosi anak adalah ….
A. pengamatan
langsung
langsung
B. wawancara
C. angket
D. kuesioner
Jawab:
A. Benar,
karena dengan pengamatan langsung akan terlihat reaksi/emosi siswa yang
sebenarnya
karena dengan pengamatan langsung akan terlihat reaksi/emosi siswa yang
sebenarnya
24. Seorang
guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu
pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam
kegiatan pengukuran ini adalah ….
guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu
pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam
kegiatan pengukuran ini adalah ….
A. mengetahui
jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah
jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah
B. mengetahui
jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskul
jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskul
C. menjaring
pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah
pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah
D. menjaring
calon peserta kegiatan pramuka disekolah
calon peserta kegiatan pramuka disekolah
Jawab:
C. Benar,
karena pendapat dapat menunjukkan sikap seseorang suatu hal
karena pendapat dapat menunjukkan sikap seseorang suatu hal
25. Dengan
melakukan analisis butir soal , kemampuan guru dalam menulis soal akan
meningkat, karena mereka terlatih dalam melakukan ….
melakukan analisis butir soal , kemampuan guru dalam menulis soal akan
meningkat, karena mereka terlatih dalam melakukan ….
A. perhitungan
skor
skor
B. perhitungan
koefisien
koefisien
C. penulisan
butir soal
butir soal
D. perbaikan
butir soal.
butir soal.
Jawab:
D. Benar,
karena dengan melakukan perbaikan berarti mengetahui kesalahan
karena dengan melakukan perbaikan berarti mengetahui kesalahan
26. Jika
diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan hampir
semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang
sebaiknya dilakukan adalah ….
diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan hampir
semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang
sebaiknya dilakukan adalah ….
A. melanjutkan
ke pokok bahasan berikutnya
ke pokok bahasan berikutnya
B. menjelaskan
kembali seluruh materi pelajaran
kembali seluruh materi pelajaran
C. menjelaskan
kembali materi yang belum difahami siswa
kembali materi yang belum difahami siswa
D. melakukan
pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah
pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah
Jawab:
C. Betul karena
pembelajaran lebih efisien dan efektif
pembelajaran lebih efisien dan efektif
27.
Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan
dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan
dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
A. menimbulkan
motivasi siswa
motivasi siswa
B. membuat
kaitan
kaitan
C. melaksanakan
tes awal
tes awal
D. memberi
acuan
acuan
Jawab:
D. Benar,
karena merupakan salah satu kegiatan dari memberi acuan
karena merupakan salah satu kegiatan dari memberi acuan
28. Yang harus
dilakukan guru dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah …
dilakukan guru dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah …
A. memberikan
tugas dan latihan-latihan
tugas dan latihan-latihan
B. meninjau
kembali penguasaan siswa
kembali penguasaan siswa
C. memberikan
motivasi
motivasi
D. memberikan
bimbingan belajar
bimbingan belajar
Jawab:
B. Benar,
karena meninjau kembali penguasaan siswa merupakan salah satu kegiatan akhir
pembelajaran
karena meninjau kembali penguasaan siswa merupakan salah satu kegiatan akhir
pembelajaran
29. Pada mata
pelajaran IPA, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk membawa lampu
senter, baterai, kabel, cutter, isolasi untuk membuat penerangan ruangan
melalui percobaan serta mengamati secara proses. Contoh di atas mengisyaratkan
bahwa Pak Ali sedang memberi pengalaman kepada siswanya dengan memakai metode …
pelajaran IPA, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk membawa lampu
senter, baterai, kabel, cutter, isolasi untuk membuat penerangan ruangan
melalui percobaan serta mengamati secara proses. Contoh di atas mengisyaratkan
bahwa Pak Ali sedang memberi pengalaman kepada siswanya dengan memakai metode …
A. demonstrasi
B. eksperimen
C. diskusi
D. simulasi
Jawab:
B. Benar, karena
metode eksperimen adalah materi yang disajikan atau dibahas melalui percobaan
serta diamati secara proses
metode eksperimen adalah materi yang disajikan atau dibahas melalui percobaan
serta diamati secara proses
30. Salah satu
fungsi media pembelajaran adalah ….
fungsi media pembelajaran adalah ….
A. sebagai alat
hiburan
hiburan
B. peralatan
dan pesan yang disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh
dan pesan yang disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh
C. membuat
konkret konsep-konsep yang abstrak
konkret konsep-konsep yang abstrak
D. meningkatkan
kualitas proses belajar mengajar
kualitas proses belajar mengajar
Jawab:
D. Benar,
karena merupakan salah satu fungsi media pembelajaran
karena merupakan salah satu fungsi media pembelajaran
31. Salah satu
faktor dalam memilih media pembelajaran yang tepat adalah objektivitas,
maksudnya pemilihan media…
faktor dalam memilih media pembelajaran yang tepat adalah objektivitas,
maksudnya pemilihan media…
A. jangan
didasari oleh kesenangan pribadi semata
didasari oleh kesenangan pribadi semata
B. sudah
memenuhi syarat-syarat teknis
memenuhi syarat-syarat teknis
C. disesuaikan
dengan rencana pembelajaran
dengan rencana pembelajaran
D. melihat
situasi dan kondisi tempat dan ruangan belajar
situasi dan kondisi tempat dan ruangan belajar
Jawab:
A. Benar,
karena faktor objektivitas harus terhindar dari pemilihan media yang didasari
oleh kesenangan pribadi
karena faktor objektivitas harus terhindar dari pemilihan media yang didasari
oleh kesenangan pribadi
32.
Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih mudah dan
sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan
bertanya dasar merupakan komponen …
Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih mudah dan
sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan
bertanya dasar merupakan komponen …
A. pengungkapan
pertanyaan secara jelas dan singkat
pertanyaan secara jelas dan singkat
B. pemberian
tuntunan
tuntunan
C. penyebaran
D. pemberian
acuan
acuan
Jawab:
B. Benar,
karena pertanyaan yang tidak dapat dijawab siswa guru tidak boleh tinggal diam,
guru harus memberi tuntunan yang memungkinkan siswa mampu membri jawaban yang
diharapkan
karena pertanyaan yang tidak dapat dijawab siswa guru tidak boleh tinggal diam,
guru harus memberi tuntunan yang memungkinkan siswa mampu membri jawaban yang
diharapkan
33. Dalam
kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
A. melayani
gaya belajar siswa yang beraneka ragam
gaya belajar siswa yang beraneka ragam
B. meningkatkan
keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
C. memelihara
iklim kelas yang kondusif
iklim kelas yang kondusif
D.
menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar
menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar
Jawab:
C. Salah,
karena merupakan salah satu tujuan memberi penguatan
karena merupakan salah satu tujuan memberi penguatan
34. Pak Ali
mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri,
setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali
kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali
untuk mengadakan variasi dalam bentuk …
mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri,
setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali
kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali
untuk mengadakan variasi dalam bentuk …
A. variasi
suara
suara
B. pemusatan
perhatian
perhatian
C. kesenyapan
D. mengadakan
kontak pandang
kontak pandang
Jawab:
C. Benar,
karena variasi dari keadaan ada suara ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi
pengaruh kepada siswa
karena variasi dari keadaan ada suara ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi
pengaruh kepada siswa
35. Tujuan
keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas tentang
batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan
menutup pelajaran adalah ….
keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas tentang
batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan
menutup pelajaran adalah ….
A. menyiapkan
mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
B. mengetahui
nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
C. mengetahui
keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
D. mengetahui
keberhasilan guru dalam memberikan evaluasi
keberhasilan guru dalam memberikan evaluasi
Jawab:
C. Benar,
karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup pelajaran
karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup pelajaran
36. Pada mata
pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat
hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk melakukan
interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok.
Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah ….
pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat
hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk melakukan
interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok.
Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah ….
A. menunjukkan
sikap tanggap
sikap tanggap
B. membagi
perhatian
perhatian
C. memberi
penguatan
penguatan
D. memberikan
petunjuk yang jelas
petunjuk yang jelas
Jawab:
A. Benar,
karena sikap tanggap guru dapat ditunjukkan dengan cara memandang secara
seksama
karena sikap tanggap guru dapat ditunjukkan dengan cara memandang secara
seksama
37. Fungsi
akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ….
akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ….
A. guru dapat
mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
B. guru dapat
mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
C. kegiatan
remedial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik siswa
remedial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik siswa
D. memperbaiki
cara mengajar dan cara belajar
cara mengajar dan cara belajar
Jawab:
B. Benar,
karena sesuai dengan definisi fungsi akselerasi
karena sesuai dengan definisi fungsi akselerasi
38. Dalam suatu
diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar tentang
terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan
yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ….
diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar tentang
terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan
yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ….
A. tutorial
B. sumber yang
relevan
relevan
C. kegiatan
kelompok
kelompok
D. mengajarkan
kembali
kembali
Jawab:
A. Benar,
karena tutorial merupakan kegiatan guru meminta bantuan kepada siswa yang
pandai
karena tutorial merupakan kegiatan guru meminta bantuan kepada siswa yang
pandai
39. Adi dalam
kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses
terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi
terhadap teman-temannya adalah mengembangkan ….
kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses
terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi
terhadap teman-temannya adalah mengembangkan ….
A. media
pembelajaran
pembelajaran
B. latihan
C. sumber
pembelajaran
pembelajaran
D. tutor sebaya
Jawab:
D. Benar,
karena tutor sebaya membantu siswa lain memahami materi pelajaran dalam
menambah wawasan pengetahuan siswa
karena tutor sebaya membantu siswa lain memahami materi pelajaran dalam
menambah wawasan pengetahuan siswa
40. Di
tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses
terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang lain
mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami
oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan. Contoh
tersebut merupakan masalah ….
tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses
terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang lain
mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami
oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan. Contoh
tersebut merupakan masalah ….
A. pengelolaan
kelas
kelas
B. pengelolaan
pembelajaran
pembelajaran
C.
mengembangkan latihan
mengembangkan latihan
D.
mengembangkan media
mengembangkan media
Jawab:
B. Benar,
karena dalam pengelolaan pembelajaran ketidaktahuan menjadi masalah
karena dalam pengelolaan pembelajaran ketidaktahuan menjadi masalah
41. Dalam
penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ….
penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ….
A. bersifat
fleksibel
fleksibel
B. berdasarkan
kondisi siswa
kondisi siswa
C. memenuhi
kebenaran ilmiah
kebenaran ilmiah
D. berdasarkan
kurikulum yang berlaku
kurikulum yang berlaku
Jawab:
C. Benar,
karena merupakan salah satu prinsip silabus
karena merupakan salah satu prinsip silabus
42. Berikut
adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan
secara kelembagaan, kecuali ….
adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK dapat diterapkan
secara kelembagaan, kecuali ….
A. dukungan
dari pihak sekolah
dari pihak sekolah
B. kebebasan
bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnya
bagi guru untuk melakukan penelitian di kelasnya
C. pengawasan
dari Kepala Sekolah
dari Kepala Sekolah
D. kerjasama
antar personil sekolah
antar personil sekolah
Jawab:
D. jawaban ini
benar, karena guru perlu dukungan dalam melaksanakan PTK. dalam pengumpulan
data, meminta pendapat teman sejawat, dll.
benar, karena guru perlu dukungan dalam melaksanakan PTK. dalam pengumpulan
data, meminta pendapat teman sejawat, dll.
43. Langkah
awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ….
awal PTK oleh guru dimulai dengan melakukan ….
A. perumusan
masalah
masalah
B. identifikasi
masalah
masalah
C. analisis
masalah
masalah
D. pembatasan
masalah
masalah
Jawab:
B. benar,
karena identifikasi masalah merupakan langkah awal dengan mengajukan/membuat
pertanyaan penelitian
karena identifikasi masalah merupakan langkah awal dengan mengajukan/membuat
pertanyaan penelitian
44. Berikut
adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru
sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ….
adalah teknik-teknik lain di samping observasi yang dapat digunakan guru
sebagai peneliti PTK untuk mengumpulkan data, kecuali ….
A. wawancara
B. studi
dokumen kelas
dokumen kelas
C. pengisian
kuesioner
kuesioner
D. survai
Jawab:
B. Studi
dokumen kelas dapat dilakukan guru disamping observasi
dokumen kelas dapat dilakukan guru disamping observasi
45. Refleksi
paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ….
paling tepat dilakukan oleh peneliti PTK pada saat ….
A. sebelum
menyusun proposal
menyusun proposal
B. sesudah
mengidentifikasi masalah
mengidentifikasi masalah
C. sesudah
menentukan upaya tindakan perbaikan
menentukan upaya tindakan perbaikan
D. sesudah
melakukan upaya perbaikan
melakukan upaya perbaikan
Jawab:
D. benar karena
langkah paling tepat sesudah melakukan upaya perbaikan adalah refleksi. disini
guru merenung apa hasil tindakan yang sudah diberikan, bagaimana dampaknya
terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu
meneruskan ke siklus berikutnya.
langkah paling tepat sesudah melakukan upaya perbaikan adalah refleksi. disini
guru merenung apa hasil tindakan yang sudah diberikan, bagaimana dampaknya
terhadap siswa dan pembelajaran, apakah perbaikan sudah cukup atau ia perlu
meneruskan ke siklus berikutnya.
46. Hasil
analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru
menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada
guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat
dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali….
analisis masalah menunjukkan (1) siswa tidak mau menyimak pelajaran, (2) guru
menjelaskan dengan metode ceramah, dan (3) siswa tidak ada yang bertanya kepada
guru tentang pelajaran yang barusaja disajikan guru. Permasalahan yang dapat
dirumuskan berdasarkan kasus-kasus di atas adalah, kecuali….
A. metode apa
yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?
yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak pelajaran?
B. strategi apa
yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?
yang sebaiknya digunakan agar siswa mau menyimak?
C. bagaimana
cara saya menyelesaikan masalah ini?
cara saya menyelesaikan masalah ini?
D. bagaimana
cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?
cara saya memotivasi siswa agar mau mau bertanya?
Jawab:
D. benar, sudah
jelas
jelas
47. Agar mampu
mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang
paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ….
mengembangkan RPP dengan efektif dan memberikan hasil yang signifikan, hal yang
paling penting dilakukan sebelum memberikan tindakan perbaikan adalah ….
A. mempelajari
proposal PTK
proposal PTK
B. melakukan
simulasi perbaikan
simulasi perbaikan
C. berdiskusi
dengan rekan sejawat
dengan rekan sejawat
D. memvalidasi
RPP
RPP
Jawab:
B. benar.
Melakukan simulasi perbaikan merupakan tindakan konkrit sebelum tindakan yang
sebenarnya, sehingga sangat efektif untuk koreksi kesalahan tindakan.
Melakukan simulasi perbaikan merupakan tindakan konkrit sebelum tindakan yang
sebenarnya, sehingga sangat efektif untuk koreksi kesalahan tindakan.
48. Tindakan
perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ….
perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ….
A. proses
pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan
pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan
B. sudah
berhasil
berhasil
C. belum
menunjukkan perbaikan
menunjukkan perbaikan
D. tidak
memperlihatkan dampak yang signifikan
memperlihatkan dampak yang signifikan
Jawab:
C. benar karena
kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.
kelanjutan ke siklus 2 dilakukan apabila belum terjadi perbaikan.
49. Menurut
Piaget, perkembangan dalam tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan
dirasakan sebagai hal yang tidak bersifat memaksa adalah usia antara….
Piaget, perkembangan dalam tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan
dirasakan sebagai hal yang tidak bersifat memaksa adalah usia antara….
A. 0 – 2 tahun
B. 2 – 8 tahun
C. 8 – 12 tahun
D. 12 – 15
tahun
tahun
Jawab:
A. benar,
karena rentang usia 0 – 2 tahun menurut Piaget merupakan perkembangan dalam
tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan dirasakan sebagai hal yang
tidak bersifat memaksa
karena rentang usia 0 – 2 tahun menurut Piaget merupakan perkembangan dalam
tahapan kesadaran mengenai aturan, dimana aturan dirasakan sebagai hal yang
tidak bersifat memaksa
50. Di bawah
ini yang merupakan kekuatan model jaring laba-laba dalam pembelajaran terpadu
adalah ….
ini yang merupakan kekuatan model jaring laba-laba dalam pembelajaran terpadu
adalah ….
A. guru yang
dapat melakukannya
dapat melakukannya
B.
konsep-konsep kunci belum berpengalaman dikembangkan siswa secara terus menerus
konsep-konsep kunci belum berpengalaman dikembangkan siswa secara terus menerus
C. guru dapat
menjaga misi kurikulum
menjaga misi kurikulum
D. dapat
mengaitkan ide-ide dalam satu mata pelajaran
mengaitkan ide-ide dalam satu mata pelajaran
Jawab:
A. Benar,
karena guru yang belum berpengalaman dapat melakukannya
karena guru yang belum berpengalaman dapat melakukannya
51. Kegiatan
yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan pembelajaran
dalam rangka menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif merupakan
kegiatan ….
yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan pembelajaran
dalam rangka menciptakan suasana awal pembelajaran yang efektif merupakan
kegiatan ….
A. inti
B. akhir
C. tindak
lanjut
lanjut
D. pendahuluan
Jawab:
D. Benar,
karena merupakan kegiatan untuk menciptakan kondisi-kondisi awal pembelajaran
yang kondusif
karena merupakan kegiatan untuk menciptakan kondisi-kondisi awal pembelajaran
yang kondusif
52. Dalam
proses pembelajaran, guru sebaiknya menyampaikan alternatif kegiatan belajar
yang akan ditempuh siswa. Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan guru adalah ….
proses pembelajaran, guru sebaiknya menyampaikan alternatif kegiatan belajar
yang akan ditempuh siswa. Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan guru adalah ….
A. membuat
kaitan
kaitan
B. melaksanakan
apersepsi
apersepsi
C. penciptaan
kondisi awal
kondisi awal
D. memberi
acuan
acuan
Jawab:
D. Benar,
karena merupakan salah satu cara dalam memberi acuan
karena merupakan salah satu cara dalam memberi acuan
53. Kegunaan
melaksanakan tes awal dalam proses pembelajaran adalah untuk ….
melaksanakan tes awal dalam proses pembelajaran adalah untuk ….
A. mengetahui
sejauhmana penguasaan siswa terhadap materi atau bahan yang akan dipelajari
sejauhmana penguasaan siswa terhadap materi atau bahan yang akan dipelajari
B. mengukur
materi yang sudah diberikan
materi yang sudah diberikan
C.
menghubungkan pembahasan materi yang lalu dengan yang akan dipelajari
menghubungkan pembahasan materi yang lalu dengan yang akan dipelajari
D. membedakan
materi yang akan dipelajari
materi yang akan dipelajari
Jawab:
A. Benar,
karena merupakan definisi dari melaksanakan tes awal
karena merupakan definisi dari melaksanakan tes awal
54. Makna
kegiatan inti pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk ….
kegiatan inti pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk ….
A. menciptakan
suasana awal pembelajaran
suasana awal pembelajaran
B. menekankan
proses pembentukan pengalaman belajar siswa
proses pembentukan pengalaman belajar siswa
C. menutup
semua rangkaian kegiatan pembelajaran
semua rangkaian kegiatan pembelajaran
D. memantapkan
pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar dan bahan pelajaran yang sudah
dipelajari
pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar dan bahan pelajaran yang sudah
dipelajari
Jawab:
B. Benar,
karena memang makna dari kegiatan inti
karena memang makna dari kegiatan inti
55. Dalam
memanfaatkan penggunaan media, yang perlu diperhatikan adalah ….
memanfaatkan penggunaan media, yang perlu diperhatikan adalah ….
A. media
pembelajaran merupakan fungsi tambahan dan tidak memiliki fungsi tersendiri
pembelajaran merupakan fungsi tambahan dan tidak memiliki fungsi tersendiri
B. media
pembelajaran memperlambat proses belajar mengajar
pembelajaran memperlambat proses belajar mengajar
C. media
pembelajaran dalam penggunaannya harus relevan dengan kompetensi dasar,
indikator, dan isi/bahan pembelajaran
pembelajaran dalam penggunaannya harus relevan dengan kompetensi dasar,
indikator, dan isi/bahan pembelajaran
D. hasil
belajar dengan media pembelajaran tidak tahan lama mengendap dalam pikiran
siswa karena hanya sesaat pada waktu belajar saja
belajar dengan media pembelajaran tidak tahan lama mengendap dalam pikiran
siswa karena hanya sesaat pada waktu belajar saja
Jawab:
C. Benar,
karena merupakan pemanfaatan media dalam kegiatan inti
karena merupakan pemanfaatan media dalam kegiatan inti